Siapakah Nissan Townstar?

Siapakah Nissan Townstar?
Salah satu nama yang banyak dipuji di Eropa
 

Nissan Townstar, ini termasuk nama yang jadi pilihan pemakai van di seantero Eropa, lahirnya di rumah Renault yang ada di kota Maubeuge, Prancis bagian utara. Basisnya adalah Renault Kangoo generasi ketiga.  

Muncul perdana tahun 2021, mulai masuk dealer di media awal Januari 2022. Ini merupakan kelanjutan dari van Nissan sebelumnya yaitu model NV200 dan NV250. Townstar sendiri punya dua varian utama; ada versi seven seater dan van dengan dua tempat duduk tanpa jendela samping serta belakang.

Untuk ruang angkut barangnya, versi van, bisa menampung hingga 3,9 meter kubik. Ada akses melalui dua pintu samping geser dan pintu belakang atau pintu belakang yang terbuka ke atas. Pintu belakang terbagi asimetris dan dapat dibuka sampai 180 derajad. Sementara daya angkut muatanya bisa sampai bobot 800 kilogram. Jika diperlukan bisa menarik gandingan dengan muatan sampai berat 1,5 ton.

Untuk yang versi penumpang, mungkin akalu di Indonesia masuk kelas LMPV, punya volume ruang muatnya sampai 775 liter.

Townstar sendiri ditenagai oleh mesin bensin 1.300 cc dengan turbocharger yang bisa hasilkan tenaga puncak sampai 130 daya kuda. Transmisinya manual enam percepatan, dan ada juga versi listrik yang punya potensi daya puncak 122 daya kuda. Baterainya berkapasitas 45 kWh yang bisa membawa mobil melaju sampai sejauh 304 kilometer.

Dengan daya pengisian daya sebesar 75 kW di stasiun pengisian cepat untuk arus DC, baterainya dapat diisi hingga 80 persen dari kapasitas penuh baterai dalam waktu 42 menit.

Pantas masuk Indonesia?

Ada versi EV yang performanya memadai sebagai mobil barang