Penjualan Mobil Nasional Membaik, Pasar Suzuki Ikut Tumbuh

Penjualan Mobil Nasional Membaik, Pasar Suzuki Ikut Tumbuh
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kontribusi dengan peningkatan wholesales hingga 60 persen dan retail sales 27 persen jika dibandingkan bulan Oktober.
 

Hantaman penurunan penjualan mobil karena virus corona mulai mereda. Dari data GAIKINDO, di bulan November yang mencatat kenaikan wholesales sebesar 9,84 persen.

Dari angka tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kontribusi dengan peningkatan wholesales hingga 60 persen dan retail sales 27 persen jika dibandingkan bulan Oktober.

Pencapaian ini membawa Suzuki menguasai 15,3 persen pangsa pasar wholesales dan 12,9 persen pada pangsa pasar retail sales pada November lalu.

“Dari data GAIKINDO, angka penjualan kendaraan roda empat kembali naik di November. Hal ini pun terjadi dengan penjualan Suzuki yang naik cukup signifikan,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Dirinya berharap dengan meningkatnya angka penjualan saat ini bisa menjadi tahap recovery. "Bahkan terus membaik sehingga pasar otomotif kembali terstimulus dan pulih," tambahnya.

Selain pertumbuhan penjualan bulan November, pangsa pasar Suzuki sepanjang 2020 pun mengalami peningkatan. Dari Januari hingga November, Suzuki meraih pangsa pasar wholesales sebesar 12,3 persen dan retail sales sebesar 12,5 persen.

Hal ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019, pencapaian pangsa pasar ini tumbuh 2,7 persen baik dari wholesales maupun retail sales. Di mana di tahun 2019 Suzuki menguasai 9,58 persen pangsa pasar wholesales dan 9,81 persen di sisi ritel.

Pertumbuhan penjualan dan pangsa pasar Suzuki bulan November masih didominasi New Carry Pick Up yang berkontribusi 67,7 persen terhadap wholesales dan 62,5 persen terhadap ritel nasional Suzuki.

Setelah itu, disusul XL7 dengan kontribusi 12 persen untuk wholesales dan 13,2% untuk ritel, serta All New Ertiga yang berkontribusi 9,3 persen untuk wholesales dan 11,8 persen untuk retail sales.