Penumpang Bus Antarkota Membeludak Di Libur Panjang

Penumpang Bus Antarkota Membeludak Di Libur Panjang
Kepala BPTJ, Polana B. Pramesti menyampaikan bahwa jumlah penumpang rata-rata per hari pada libur panjang April 2021 ini, mengalami kenaikan antara 26 persen hingga 96 persen.
 

Akhir pekan lalu bertepatan dengan libur panjang dalam rangka memperingati wafat Isa Almasih dimanfaatkan masyarakat untuk mudik atau bepergian antarkota. Hal ini terpantau dari ramainya penumpang di sejumlah terminal.

Seperti dilaporkan dari rilis Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) (4/4), beberapa Terminal Tipe A cenderung mengalami peningkatan penumpang bus Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Di antaranya Jatijajar di Kota Depok, Terminal Poris Plawad di Kota Tangerang, Terminal Pondok Cabe di Kota Tangerang Selatan dan Terminal Baranangsiang Kota Bogor.

Kepala BPTJ, Polana B. Pramesti menyampaikan bahwa jumlah penumpang rata-rata per hari pada libur panjang April 2021 ini, mengalami kenaikan antara 26 persen hingga 96 persen.

Ini dibandingkan dengan jumlah penumpang rata-rata per hari yang terdapat sepanjang bulan Maret 2021 khususnya pada setiap akhir pekan.

Kenaikan juga terjadi pada jumlah armada bus yang beroperasi. Untuk unit bus yang beroperasi rata-rata per hari, pada akhir pekan di awal bulan April ini menurut Polana mengalami peningkatan antara 15-58 persen.

“Untuk Terminal Poris Plawad, sepanjang bulan Maret yang lalu setiap akhir pekan rata-rata melayani penumpang sebanyak 491 orang per hari kini terdapat kenaikan sekitar 59 persen,” jelas Polana.

Rata-rata setiap hari untuk akhir pekan sepanjang bulan Maret terdapat 138 bus yang beroperasi. Sedangkan untuk akhir pekan di bulan April ini sebanyak 159 unit yang melayani penumpang.

Sementara kenaikan jumlah penumpang layanan bus AKAP di Terminal Jatijajar Depok menurut Polana tercatat sebanyak 96 persen. Sementara untuk bus yang beroperasi, Polana menjelaskan terdapat kenaikan sekitar 21 persen.

Adapun Terminal Baranangsiang, Polana terdapat kenaikan penumpang sekitar 26 persen,” ujar Polana. Untuk Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Polana menyampaikan kenaikan rata-rata per hari jumlah penumpang untuk penumpang bus AKAP pada akhir pekan bulan ini dibandingkan dengan akhir pekan sepanjang bulan Maret yaitu sebesar 77 persen.