Penumpang Transjakarta Berkode GR Dan Rute Wisata Wajib Tap Kartu Di Bus Mulai Februari

Penumpang Transjakarta Berkode GR Dan Rute Wisata Wajib Tap Kartu Di Bus Mulai Februari
Aturan baru tap in dan tap out ini berlaku mulai Februari 2020 dan hanya untuk rute bus Transjakarta berkode GR dan   Transjakarta rute wisata.
 

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memberlakukan perubahan ketentuan tapping kartu pembayaran naik bus Transjakarta dari semula dilakukan di halte busway, menjadi di kabin bus. Aturan baru tap in dan tap out ini berlaku mulai Februari 2020 dan hanya untuk rute bus Transjakarta berkode GR dan Transjakarta rute wisata.

Terkait dengan pemberlakuan aturan ini, manajemen Transjakarta akan segera memasang alat yang disebut Tap On Bus (TOB) sebagai peranti untuk tapping oleh penumpang.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas Transjakarta, Nadia Diponsanjoyo dalam keterangan persnya mengatakan, aturan baru ini untuk mendukung upaya mewujudkan cita-cita kota Jakarta sebagai smart city. "Mulai tanggal 1 Februari mendatang pelanggan yang akan menggunakan layanan tersebut wajib tap in dan tap out di dalam bus," kata Nadia.

Dia menjelaskan, Sistem tap in dan tap out tersebut perlu dilakukan  pelanggan agar Transjakarta dapat merumuskan formula layanan baru atau  berbagai pelayanan lain yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Sebelumnya, para pemegang kartu Jaklingko bisa mendapatkan potongan tarif di perjalanan lanjutan jika melakukan tap out saat mereka naik armada Mikrotrans.

Meski wajib tap in dan tap out, dia memastikan saldo di dalam uang elektronik (e-money) milik pelanggan tidak akan terpotong. Khusus untuk penumpang yang naik bus GR dan rute wisata, tetap dapat menikmati layanan bus tersebut secara gratis.

Nadia menyatakan saldo  yang tersimpan di kartu penumpang tidak akan terdebet (berkurang) setelah tap in dan tap out. Dia menambahkan, dengan aturan baru ini, petugas di bus tidak perlu memberikan tiket sobek lagi ke penumpang.

Berikut rute bus Transjakarta berkode GR dan bus Transjakarta rute wisata yang memberlakukan TOB:

Rute GR1. Bundaran Senayan – Harmoni

Rute GR2. Tanah Abang Explorer

Rute BW1. Wisata Sejarah Jakarta

Rute BW2. Wisata Jakarta Modern

Rute BW3. Wisata Kesenian dan Kuliner

Rute BW4. Wisata Pencakar Langit Jakarta

Rute BW5. Wisata Ruang Terbuka & Kalijodo

Rute BW6. Wisata Cagar Budaya Jakarta

Rute BW7. Wisata Belanja Jakarta