Persiapan Total Sarana Transportasi Selama MotoGP Mandalika 2024

27 September 2024
Erie W. Adji
 
Mulai dari bus, taksi sampai kapal laut
 

Perusahaan Umum (Perum) Damri menyiapkan 161 angkutan gratis untuk mengangkut penonton Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) Mandalika 2024 dari dan menuju Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Jumlah unit bus yang dipakai untuk kebutuhan transportasi penonoton balapan akbar itu tak kurang dari 200 unit.

Chairman MotoGP Mandalika 2024, Troy Reza Warokka, melalui keterangan tertulisnya di Mataram, pekan ini (26/9) menyebutkan bahwa ada 161 angkutan gratis dari pihak Damri ini terdiri atas 155 unit bus kelas medium dan 6 unit minibus.

Troy juga menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan proses untuk memastikan seluruh unit telah laik jalan dan telah terpasang stiker sesuai dengan rute operasional selama gelaran balap motor kelas dunia MotoGP berlangsung pada 27-29 September 2024.

"Bus yang digunakan harus bus yang bagus karena kita tidak tahu penonton itu dari mana, apakah dari dalam negeri, luar negeri atau wisatawan. Pengemudinya juga harus rapi, supaya kesannya bagus," imbuhnya lebih lanjut. Seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, General Manager Damri Mataram, Hilman Azhari, juga menyatakan rasa bangga karena pihaknya dapat terlibat dalam menyukseskan kegiatan berkelas internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tersebut.

Dipastikan juga oleh Hilman kalau 161 unit angkutan gratis yang beroperasi selama kegiatan MotoGP sudah melalui proses ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum secara rutin oleh Dinas Perhubungan NTB.

Jam operasional dari barisan bus yang tidak dipungut tiket itu adalah  dimulai pukul 07.00 WITA hingga 23.00 WITA.

Kesiapan sarana transportasi secara menyeluruh

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Mohammad Faozal, dalam keterangan resminya juga menyatakab bahwa pihaknya juga telah menyediakan beragam sarana kendaraan transportasi darat dari dan menuju Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Salah satunya menyediakan shuttle bus di wilayah bekas Bandara Selaparang, kota Mataram. Disitu tersedia 10 bus besar, 15 bus medium dan 20 minibus. Di lokasi Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, juga disediakan lima unit minibus.

Selain shuttle bus, lanjut dia, moda transportasi darat lainnya juga disiapkan untuk mendukung kelancaran MotoGP Mandalika 2024, antara lain angkutan sewa khusus sebanyak 78 unit yang siap melayani kebutuhan transportasi penonton.

Bahkan juga disediakan 286 taksi akan beroperasi selama acara berlangsung.

Khusus pemakai transportasi laut, lanjut Faozal, juga dioptimalkan untuk memudahkan penonton yang datang dari berbagai pulau di sekitar Lombok.
Sebanyak 37 kapal cepat (speed boat) tersedia dengan 20 unit beroperasi di Pelabuhan Bangsal, Kabupaten Lombok Utara.

Ada juga di Pelabuhan Lembar dan Gilimas, Kabupaten Lombok Barat, terdapat 20 kapal yang melayani penyeberangan Lembar-Padangbai, empat unit kapal melayani rute Lembar-Situbondo (Pelabuhan Jangkar), kemudian ada lagi empat kapal yang melayani rute Lembar-Surabaya, dan tiga  kapal melayani rute Gilimas-Tanjung Wangi.

Selanjutnya Pelabuhan Kayangan-Pototano ada 27 kapal tersedia dengan 10 unit beroperasi setiap hari untuk melayani masyarakat dari Lombok menuju Pulau Sumbawa dan sebaliknya.

Tidak lupa Faozal juga mengimbau masyarakat yang telah memiliki tiket untuk menggunakan sepeda motor jika memungkinkan, karena ketersediaan lahan parkir sepeda motor yang lebih luas dibandingkan dengan kendaraan roda empat.

Baca juga: Tersedia 200 Bus Gratis Antar Jemput Penonton MotoGP Mandalika 2024

Baca juga: Damri Tambah Titik Keberangkatan Dari Ciputat

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait