PO Agra Mas, Pemain Kedua yang Operasikan Bus Malam Tingkat di Pulau Jawa

PO Agra Mas, Pemain Kedua yang Operasikan Bus Malam Tingkat di Pulau Jawa
Layanan bus malam AKAP dengan armada SDD akan dimulai pada Rabu (12/4/2017) dengan trayek Bogor (Kradenan)-Solo-Wonogiri dan tujuan akhir Terminal Ngadirojo.
 

Perusahaan Otobus Agra Mas menjadi operator kedua bus malam antarkota antar provinsi (AKAP) di Pulau Jawa yang mengoperasikan bus tingkat (super double decker/SDD) setelah sebelumnya untuk pertama kalinya bus malam tingkat dioperasikan oleh PO Putera Mulya.

Informasi yang kami dapatkan menyebutkan, layanan bus malam AKAP dengan armada SDD akan dimulai pada Rabu (12/4/2017) dengan trayek Bogor (Kradenan)-Solo-Wonogiri dan tujuan akhir Terminal Ngadirojo.

Agra Mas mengoperasikan dua unit bus double decker di trayek ini dengan mesin Mercedes-Benz OC500RF 2542 6x2 yang kabinnya digarap oleh body builder Karoseri Adi Putro, Malang, model Jetbus 2+ double glass.

Bus ini melayani kelas Executive Plus dengan layanan servis makan prasmanan, selimut, kabin full Ac, kursi reclining seat, audio-video dan air minum dengan mesin dispenser.  Kabin penumpang dibagi dua, yakni di kabin bawah dan kabin atas. 

Karena menggunakan kelas yang sama, yakni Executive Plus, tidak ada perbedaan kelas layanan antara penumpang di lantai atas dan lantai bawah.

Di lantai bawah, konfigurasi kursinya hanya terdiri dari 12 seats, di sisi kiri dan kanan, masing-masing 3 baris kursi dengan dua penumpang di setiap barisnya.

Kompartemen bagasi ditempatkan di bagian depan, di belakangi area kemudi. Sementara, di bagian belakang merupakan ruang mesin dan kompartemen tangga untuk naik ke kabin di lantai atas.

istimewa

Kabin atas terdiri dari 38 seat dengan rincian 9 baris kursi di deret kiri dan 10 baris kursi di deretan kanan. Penumpak di dek atas tentu saja akan mendapatkan kelebihan berupa pemandangan ke samping dan ke depan yang sangat lega selama perjalanan. 

Mercedes-Benz OC500RF 2542 yang menjadi basis bus SDD PO Agra Mas ini merupakan tipe bus dengan tenaga paling badak saat ini yang dipasarkan Mercedes-Benz di Indonesia.

Mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimum 420 horse power dengan gross vehicle weight (GVW) 25 ton.

Tipe bus ini juga dioperasikan sebagai bus maxi di jajaran armada Transjakarta di DKI Jakarta. Sejauh ini belum ada informasi mengenai harga tiketnya untuk kelas Executive Plus jurusan Bogor-Ngadirojo ini.