Presiden Amerika Pakai Limousine Yang Dibuat Dari Truk

 Presiden Amerika Pakai Limousine Yang Dibuat Dari Truk
Ini bukan sembarang sedan, ini truk berbodi sedan
 

Salah satu yang menarik dari presiden Amerika Serikat adalah limosine yang jadi tungganggannya. Sedan bongsor dengan panjang ekstra ini selalu menemani ke setiap kunjungan Potus (President of The United State) ke manapun berada.

Namun yang paling menarik adalah limousine kepresidenan dari era Presiden George W Bush hingga yang digunakan oleh Joe Biden saat ini.

Melihat dari penampilannya, maka tidak bisa dibantah bahwa mobil tersebut berwujud sebuah sedan. Akan tetapi jika membedah lebih jauh lagi, dipastikan bahwa limousine-limousine tersebut ‘bukan’ sebuah sedan, melainkan sebuah truk.

Mulai dari 2001, saat George W Bush mendapatkan limousine baru berwujud Cadillac DeVille. Saat itu pihak Secret Service tetap tetap bersikeras untuk membuat sebuah limosin dengan brand Cadillac, namun ternyata mobil-mobil bikinan Cadillac ataupun brand lainnya sekalipun dinilai tidak bisa memenuhi syarat yang ditentukan oleh Secret Service.

Jalan keluar pun kemudian diambil dengan melakukan rombakan modifikasi berat dari SUV di kelas Chevrolet Suburban, GMC Yukon atau Cadillac Escalade. Praktis hanya sasis yang ambil dan mengalami berbagai penguatan di berbagai bagian untuk bisa memenuhi syarat. Bodi dibikin ulang dengan mengambil model dari Cadillac DeVille tahun 2000.

Perubahan besar terjadi pada saat Obama menjabat. Presiden AS yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia ini mendapatkan sebuah limousine yang lebih besar dan berat dari pendahulunya.Mobil ini dikenal dengan sebutan The Beast dan pertama kali bertugas pada 2009.

The Beast ini sangat beda dengan pendahulunya karena dibuat dari sasis truk kelas menengah yakni GMC Topkick atau Chevrolet Kodiak generasi ke tiga. Sebagai gambaran sosok asli dari GMC Topkick bisa dilihat dari sosok tokoh Transformer yakni Ironhide.

GMC Topkick digunakan dasar untuk tokoh Ironhide

Kembali ke The Beast, pilihan sasis pada truk tak lain dikarenakan bertambahnya kebutuhan keamanan dan keselamatan presiden. Penggunaan bodi armor dan kaca antipeluru yang lebih tebal serta perangkat keamanan lain yang menjadikan sasis truk kelas medium jadi pilihan.

Pada era ini juga limousine kepresidenan AS menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaganya. Mesin V8 Duramax 6.6 Liter muncul sebagai pilihan mendampingi mesin V8 bensin 8,1 liter Vortec.

Untuk penampilan, The Beast tidak mengacu pada salah satu sedan bikinan Cadillac, melainkan melakukan menggunakan desain ‘mengarang bebas’ dan hanya menyelipkan ciri-ciri yang diambil dari mobil-mobil produksi Cadillac seperti lampu utama, grill dan juga lampu belakang. Sebagai contoh The Beast milik Obama menggunakan  lampu depan dan grill Cadillac Escallade , sedangkan lampu belang menggunakan Cadillac DTS.

Chevrolet Kodiac