Produsen Bus Temsa Kini Dikuasai Induk Skoda Transportation

Produsen Bus Temsa Kini Dikuasai Induk Skoda Transportation
PPF Group akan memiliki saham Temsa sebanyak 50 persen. Sedangkan sisanya dikuasai oleh Sabanci Holding.
 

Produsen bus asal Turki, Temsa Ulam Araçlar (Temsa) mempunyai pemilik baru belum lama ini. Pemilik baru tersebut adalah PPF Group yang bermarkas di Belanda, mereka juga menguasai Skoda Transportation dan Sabanci Holding.

PPF Group akan memiliki saham Temsa sebanyak 50 persen. Sedangkan sisanya dikuasai oleh Sabanci Holding. Sehingga grup tersebut menguasai 100 persen saham Temsa.

Dengan masuknya Temsa sebagai bagian PPF Group membuat pabrikan asal Turki tersebut bisa menghasilkan produk yang lebih canggih. Terutama di sektor bus listrik.

Tak berlebihan, karena dalam PPF Group terdapat Skoda Transportation. Pabrikan kendaraan asal Republik Ceko ini memiliki reputasi tinggi di sektor transportasi listrik, seperti trem, trolleybus atau KRL di Eropa dan Amerika.

Secara prestasi, Temsa terbilang cukup baik karena sejauh ini sukses mengekspor 12 ribu bus di 66 negara. "Kami melihat transportasi listrik akan jadi solusi di masa depan. Dan level Temsa akan kami naikkan bersama rekan dari Skoda Transportation di segmen ini untuk kesempatan bisnis yang baru," ucap CEO Sabanci Holding, Cenk Alper.