Profil Truk eCanter Yang Akan Memeriahkan GIICOMVEC 2020

Profil Truk eCanter Yang Akan Memeriahkan GIICOMVEC 2020
Truk bermotor listrik dari Mitsubishi, eCanter, akan menjadi daya tarik di GIICOMVEC 2020, walaupun truk ini sudah digunakan di Brasil maupun beberapa negara di Eropa.
 

Mitsubishi Fuso eCanter sebenarnya bukan produk yang baru-baru sekali. Truk niaga ringan yang ditenagai sepenuhnya oleh energi setrum ini pernah melantai di GIIAS 2017 lalu. Bahkan di Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat mobil ini sudah dipasarkan.

Kali ini mengambil panggung yang khusus untuk kendaraan komersial, tentu truk dengan mesin listrik akan mendapat perhatian lebih.

Merujuk dari laman Mitsubishi Fuso, eCanter digerakkan oleh motor listrik dengan arus AC yang dikawinkan dengan transmisi single-speed reduction-gear drive. Sementara untuk baterainya, truk ini menggunakan enam pak baterai lithium ion dengan kapasitas total 82,8 kWh.

Dengan sumber tenaga tersebut, Mitsubishi Fuso eCanter bisa menempuh jarak samapi 100 km dengan muatan maksimal 4 ton. Hebatnya karena ditenagai dengan motor listrik, tidak ada emisi karbon yang dihasilkan dari eCanter. Sementara kalau mau dihitung penghematan dibanding truk konvensional, per 10 ribu km bisa irit sekitar Rp 14,9 juta untuk biaya operasional.

Baterainya sendiri akan memerlukan waktu pengisian daya sekitar delapan jam, sampai penuh dengan charger standar. Namun dengan charger ultra-fasr 50 kW CHAdeMO, waktu pengisian daya bisa dikompers sampai dua jam saja.

Secara teknologi, kabin pengemudi juga sudah dilengkapi dengan head unit dengan tampilan modern dan layar hiburan 12 inci serta tambahan fitur, seperti keyless push start button.

Buat Anda yang penasaran dan ingin melihat langsung truk listrik ini, bisa merapat ke GIICOMVEC 2020 yang akan diselenggarakan 5-8 Maret di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.