Progres Tol Serpong-Cinere Rampung 84,91 Persen, Bakal Permudah Jalur Logistik

Progres Tol Serpong-Cinere Rampung 84,91 Persen, Bakal Permudah Jalur Logistik
Kehadiran tol ini diharapkan dapat mendukung jalur logistik, barang dan jasa dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akibat Pandemi Covid-19.
 

Pembangunan jalan tol di Indonesia makin berkembang. Salah satunya ruas tol Serpong-Cinere menjadi bagian Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Tahap pembangunan ruas tol tersebut kini sudah mencapai 84,91 persen. Dari situs BPJT Kementerian PUPR, kehadiran tol ini diharapkan dapat mendukung jalur logistik, barang dan jasa dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akibat Pandemi Covid-19.

Jalan Tol Serpong-Cinere terdiri dari 2 Seksi, yaitu Seksi 1 ruas Serpong IC-Pamulang IC sepanjang (6,5 Km), dan Seksi 2 Pamulang IC-Cinere IC (3,64 Km).

Untuk Seksi I ditargetkan akan selesai konstruksinya pada akhir tahun 2020 mendatang. Kemudian menyusul Seksi 2 juga ditargetkan selesai konstruksinya pada tahun 2021 mendatang.

Tol JORR II nantinya juga menjadi konektivitas pendistribusian logistik dari dan ke kawasan industri sekitar Ibu Kota Jakarta seperti Banten. Hadirnya Jalan Tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif juga akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Tol Serpong - Cinere merupakan bagian dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II). Tol ini terdiri dari Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 Km), Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,4 Km) dan Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 Km).

Kemudian dilanjutkan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,64 Km), Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (25,39 Km). Serta Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34,02 Km).