Ramai Virus Corona, Kargo Komponen Otomotif Tiongkok Masih Aman

Ramai Virus Corona, Kargo Komponen Otomotif Tiongkok Masih Aman
Meski berefek panjang akibat virus Corona, tapi penghentian pengiriman dari dan ke Tiongkok tidak berlaku untuk komponen otomotif.
 

Dunia tengah waspada terhadap munculnya virus Corona dari Wuhan, Tiongkok tahun ini. Efeknya, mulai dari penghentian penerbangan, hingga evakuasi besar-besaran dilakukan.

Toh demikian, penghentian pengiriman dari dan ke Tiongkok tidak berlaku untuk komponen otomotif. Dilansir dari situs Kementerian Perhubungan, Rabu (5/2), pengiriman barang/kargo dari dan ke Tiongkok dipastikan akan tetap berjalan.

“Berdasarkan hasil rapat terbatas dengan Presiden yang dihadiri oleh bapak Menhub. Pemerintah memutuskan bahwa pengiriman kargo dari RRT (Tiongkok) tetap berjalan seperti biasa. Yang dihentikan sementara adalah pengiriman hewan hidup dari RRT,” jelas Hengki Angkasawan, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan.

Pengiriman kargo dari Tiongkok tersebut, masih dapat dilakukan karena belum ada temuan-temuan ada penularan virus Corona melalui barang/kargo. Pihak Dephub juga menyatakan jika hingga saat ini belum ada imbauan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) terkait hal itu.

Meski begitu, ada juga penghentian impor dari Tiongkok. Namun yang mendapat efek penghentian pengiriman hanyalah impor hewan hidup dari Tiongkok. Sementara komponen otomotif, hingga elektronik, yang merupakan benda mati, masih boleh diimpor.

“Sementara terkait penghentian pengiriman hewan hidup dari Tiongkok, dilakukan karena diketahui penularan virus Korona selain ditularkan dari manusia ke manusia juga dapat ditularkan dari hewan hidup,” tutur Hengki.