Rencana Jangka Panjang Mahindra, Bikin Pabrik Mobil di Indonesia

Rencana perakitan mobil di Indonesia akan dilakukan beberapa tahun mendatang. Hal ini menyusul satu grup Mahindra yang sudah punya pabrik baja di Indonesia
 

Di Indonesia, brand Mahindra relatif masih sangat baru. Namun demikian di negeri asalnya India, Mahindra menduduki posisi ke tiga terbesar di sana.

Tak mengherankan jika ambisi untuk membuat pabrik di Indonesia telah menjadi salah satu tujuan utama bagi pabrikan yang bemarkas di Mumbai, India ini.

“Mendirikan pabrik di Indonesia berada dalam skala jangka panjang kami dan kami tidak tergesa-gesa karena masih banyak pekerjaan rumah ke arah sana,” terang Arvind Mathew, Chief of International Operations, Mahindra and Mahindra Ltd.

“Masih sangat dini membincangkan pabrik Mahindra di Indonesia. Gambaran kasar tentang formulasi lokalisasi di Indonesia adalah menghadirkan MPV terlebih dulu bagi pasar Indonesia, baru kemudian segmen lainnya menyusul,” tegasnya saat ditemui di Mahindra Tower, Mumbai India beberapa waktu lalu.

Alasan ini terdengar bertolak belakang dengan fokus Mahindra di Indonesia yakni kelas komersial. "Saat ini fokus kami adalah komersial dan memperkuat brand Mahindra di Indonesia. Namun harap dicatat bahwa MPV punya porsi besar di Indonesia untuk menjadi volume maker," lanjutnya.

Arvind mengatakan bahwa jika semua sudah sesuai dengan studi, pihaknya sudah siap mendirikan pabrik. Salah satunya adalah kesiapan Mahindra dalam menyediakan material bodi. Sebelumnya Mahindra sudah memiliki cabang usaha pabrik baja di Indonesia.