Ruas Tol Simpang Yasmin-Kayu Manis Siap Perlancar Arus Logistik di Bogor

Ruas Tol Simpang Yasmin-Kayu Manis Siap Perlancar Arus Logistik di Bogor
Ruas tol jenis layang ini juga telah melalui tahap uji statis dan uji dinamis yang melibatkan kendaraan berat jenis truk.
 

Demi mengejar peningkatan ekonomi dari sisi kelancaran logistik, juga untuk mengurai kemacetan di kawasan Bogor pemerintah membangun tol Bogor Outer Ring Road. Salah satu ruasnya, yakni Simpang Yasmin-Kayu Manis tengah diuji dan siap beroperasi.

Dilansir rilis resmi Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, tol seksi IIIA (Ruas Simpang Yasmin - Kayu Manis) sepanjang 3 km siap beroperasi. Kehadiran Jalan bebas hambatan  ini diharapkan dapat menjadi pendukung kegiatan ekonomi masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya sekaligus menjadi akses pendukung kegiatan industri dan logistik.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jika Jalan Tol BORR menjadi jalan alternatif untuk mengurai kemacetan di Kota Bogor. "Nantinya dapat memudahkan pergerakan masyarakat dan meningkatkan taraf ekonomi Kota Bogor sebagai bagian dari Kawasan Metropolitan."

Ruas tol jenis layang ini juga telah melalui tahap uji statis dan uji dinamis yang melibatkan kendaraan berat jenis truk. Dalam uji statis truk berhenti di tengah-tengah jalan tol lebih dari satu kali untuk mendapatkan hasil yang konsisten dan mengetahui kualitas kekuatan jembatan tol tersebut.

Sedangkan pelaksanaan uji dinamis bertujuan untuk mengetahui faktor redaman jembatan dan Dynamic Amplification Factor (DAF), yakni perbandingan antara amplitudo akibat beban dinamis dengan amplitudo akibat beban statis yang akan menunjukkan karakteristik dari jembatan tersebut.