Sejak Dikuasasi Taliban, Ribuan Ford Ranger Tak Bertuan Di Afghanistan

Sejak Dikuasasi Taliban, Ribuan Ford Ranger Tak Bertuan Di Afghanistan
Kendaraan bawaan pasukan Amerika Serikat, ditinggalkan begitu saja di Afghanistan, sejak negara konflik tersebut dikuasai oleh Taliban. Termasuk ribuan Ford Ranger dan Humvee.
 

Ketika pasukan AS ditarik keluar dari Afghanistan akhir bulan lalu, mereka tidak membawa semua ‘mainannya’. Berjumlah cukup banyak, termasuk ribuan Ford Rangers dan Humvee.

Tentunya, kendaraan-kendaraan tersebut langsung dikuasai oleh Taliban yang seolah tertimpa durian runtuh, mendapatkan kendaraan dan pesawat yang konon bernilai 83 miliar dollar Amerika.

Sehubungan hal tersebut, mantan Presiden AS, Donald Trump mengatakan, semua peralatan harus diminta untuk segera dikembalikan ke Amerika Serikat, termasuk setiap sen dari biaya 85 miliar dollar tersebut.

Tetapi, di luar urusan angka-angka tadi. Dilansir dari Carscoops, kendaraan-kendaraan yang uangnya berasal dari pembayar pajak di AS itu, digunakan untuk pengadaan 76.000 unit. Terdiri dari 43.000 Ford Ranger dan 22.0000 Humvee serta 900 unit MRAP (kendaraan anti-ranjau) di antara tahun 2005 dan 2016.

Jumlah Ford Ranger yang sangat banyak, karena setara dengan penjualan di pasar domestik Amerika SErikat dalam delapan bulan pergama tahun 2019! Mirisnya, sekitar 70 persen dari keseluruhan peralatan yang dipesan jatuh ke tangan militer Afghanistan, sedangkan sisanya diberikan kepada polisi nasional.