Selain di Halte, Transjakarta Juga Sediakan Cairan Sanitasi di Bus

Selain di Halte, Transjakarta Juga Sediakan Cairan Sanitasi di Bus
Suspect virus corona di Indonesia semakin banyak. Saat ini sudah ada 27 suspect yang diumumkan pemerintah. Langkah preventif pun makin gencar dilakukan. Seperti dilakukan oleh Transjakarta.
 

Mulai pekan lalu, Transjakarta juga menyediakan hand sanitizer pada 50 unit bus non-BRT (non-koridor). Cairan pembersih tangan tersebut terdapat pada unit bus Metrotrans, Mikrotrans, dan Transjakarta Cares.

Untuk saat ini sudah ada tiga rute Non Bus Rapid Transit yang telah dilengkapi hand sanitizer. Yaitu 1R (Senen–Tanah Abang), 1N (Tanah Abang–Blok M) dan 5F (Kampung Melayu–Tanah Abang).

Sebelumnya, Transjakarta sendiri telah menyediakan cairan sanitasi tangan itu pada 80 halte. Selain itu, imbauan mengenai pencegahan penularan virus corona juga gencar diumumkan oleh Transjakarta. Termasuk  cara membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer yang baik dan benar.

Langkah lainnya yang dilakukan di dalam bus ialah memastikan petugas khusus Transjakarta untuk selalu membersihkan handgrip (pegangan bus). Pembersihan ini dilakukan saat bus akan berangkat dari depo dan akan dibersihkan pada saat penurunan pelanggan di halte-halte akhir tujuan bus tersebut.