Semakin Sering Disemir Ban Akan Semakin Awet

Semakin Sering Disemir Ban Akan Semakin Awet
Tak sedikit yang ragu, jika ban terlalu sering disemir akan membuat kerusakan pada karet ban. Namun ternyata semakin sering disemir, justru ban akan makin awet.
 

Tampilan resik dan apik salah satunya datang dari ban yang bersih serta hitam mengilap. Tampilan klimis ini didapat dengan mengoleskan semir ban pada dinding ban.

Selain mendapatkan tampilan kinclong, mengoleskan semir ban yang mengandung bahan silikon sekaligus berfungsi menjaga kelembaban karet, sehingga tidak mudah retak dan tentunya membuat ban lebih awet. “Menyemir ban merupakan salah satu sarana perawatan ban. Silikon yang jadi basis bahannya, akan menjaga kelembaban dan kelenturan permukaan karet pada ban,” terang Zulpata Zainal dari divisi On Vehicle Test, PT Gajah Tunggal Tbk beberapa waktu silam. “Semir ban ini justru bisa meminimalisir terjadinya ozone crack pada ban,” sambungnya. Lalu apakah terlalu sering menggunakan semir ban ini dapat menimbulkan kerusakan pada ban?

“Sejauh ini belum ada data mengenai hal tersebut, namun pastinya kelembaban dan kekenyalan karet ban. Jadi menggunakan semir ban secara ‘over dosis’ tidak jadi masalah,” tutupnya . Namun demikian, lelaki ramah itu mengatakan bahwa syarat utama adalah menggunakan semir ban yang sudah terpercaya kualitasnya, untuk memastikan bahwa material di dalamnya terjamin kualitasnya.