Spion Tanduk Akan Lenyap Dari Truk

Spion Tanduk Akan Lenyap Dari Truk
Beberapa waktu mendatang, tak akan ada lagi truk dengan spion besar. Karena kemajuan teknologi akan menggantikannya dengan cara digital.
 

Spion besar, identik dengan bodi truk, terutama pada jenis Tractor Head atau penarik trailer. Tujuannya agar mampu memberikan pantauan yang luas tentang keadaan di sekitar truk bagi pengemudi.

Namun, hal itu akan sirna di waktu mendatang, karena kemajuan teknologi akan menggantikan spion tersebut. Beberapa pabrikan truk, bahkan sudah menerapkan hal ini pada produk-produk unggulannya.

Sebut saja Mercedes-Benz, MAN dan Volvo Trucks, mereka sudah menggantikan spion bercermin dengan kamera di samping kabin. Mercedes-Benz menyebutnya dengan MirrorCam, sementara Volvo menamakan MirrorEye, sedangkan MAN dengan Optiview.

Apa bedanya dengan spion konvensional? Dengan adanya kamera yang beroperasi dengan sistem digital, tentunya bisa mendapatkan obyek visual yang lebih luas, tanpa menggunakan komponen yang besar. Otomatis, nilai aerodinamika akan lebih baik yang berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Selain itu, fungsinya pun akan lebih dari sekadar spion, tetapi bisa juga seperti CCTV yang memantau kondisi di sekitar truk, tanpa pengemudi harus turun dari kabin. Hal ini juga memberikan keamanan bagi pengemudi, ketika beristirahat di suatu tempat.