Ternyata, Di Muara Rapak Tak Hanya Sekali Kecelakaan Truk Tronton Ini.

Ternyata, Di Muara Rapak Tak Hanya Sekali Kecelakaan Truk Tronton Ini.
Truk tronton rem blong di jalan menurun itu, sudah kerap terjadi di jalan tersebut.
 

Jumat Pagi, sekitar pukul 6.30 WITA terjadi peristiwa mengenaskan di kawasan Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur. Sebuah truk trailer, mengalami rem blong dan menabrak puluhan pengendara di Simpang Rapak.

Jalan Soekaro-Hatta, Muara Rapak, Balikpapan itu memang menjadi urat nadi transportasi dari Balikpapan ke Samarinda. “Sejak dulu banyak truk tronton melintasi jalan itu,” ujar Ryan, warga Sepinggan yang lokasi sekolahnya di kawasan Muara Rapak.

Ia menyebutkan jalan tersebut memang menurun dan lumayan jauh, hingga baru sedikit melandai di dekat Simpang Rapak. “Jalan melandai di simpang yang ada lampu merahnya,” ujarnya.

Yang menjadi perhatian, kejadian truk trailer kecelakaan di sana hari Jumat (21/1) ini bukanlah pertama kali, tetapi sudah kerap terjadi. “Seingat saya, sejak saya sekolah SMP hingga SMA, sudah lumayan sering ada truk menyeruduk di simpang itu,” katanya.

Lelaki yang kini berusia 30 tahun itu pun mengingat kejadian di waktu silam itu. “Dulu juga sudah ada yang tewas terutama pengendara motor, ada juga penumpang angkot yang angkotnya terbelah, karena ditabrak truk,” kenangnya.

 

Melihat kondisi jalan yang menurun panjang, tentunya pengemudi truk alat berat itu, harus waspada dan mengantisipasi kondisi tersebut dengan melihat kondisi sistem pengereman sebelum menggunakan truk.

“Saya malah selalu berusaha tidak berhenti di lampu merah itu, sebisanya saya berbelok ke kiri dulu demi menghindari berhenti di sana,” ujar Ryan.