Tips Sederhana Tangkal Corona Sebelum Berkendara

Tips Sederhana Tangkal Corona Sebelum Berkendara
Sedikit repot dan merubah kebiasaan mungkin cara efektif menyelamatan kita dari paparan virus corona. Membiasakan diri hidup bersih, termasuk di dalam kabin kendaraan, salah satunya.
 

Wabah virus Covid-19 atau dikenal sebagai Corona ini telah jadi epidemik termasuk di Indonesia. Untuk itulah kita wajib membekali diri dengan berbagai cara agar terhindar dari paparan virus ini.

“Virus Covid-19 pada dasarnya cukup lemah dan mati apabila terkena paparan suhu 26-27 derajat Celsius, hancur oleh sabun atau detergen dan juga oleh disinfektan. Namun saat droplet (air liur) nempel di beberapa benda virus ini mampu bertahan sampai beberapa waktu,” terang Drh Mohammad Indro Cahyono, pakar virus atau Virolog saat dihubungi bus-truck.id belum lama ini. “Hal inilah yang jadi masalah dan berpotensi menyebarkan virus,” tambah jebolan Universitas Gadjahmada ini.

Dalam penanggulangan penyebaran virus ini, dokter nyentrik ini pun berbagi tips untuk mempersempit penularan virus ini, terkhusus pada pengguna kendaraan pribadi ataupun kendaraan komersial seperti truk.

“Mungkin hal ini sedikit merepotkan, namun setidaknya dengan hal ini kita bisa terselamatkan dari paparan virus ini. Tentu tidak jadi masalah apabila kita memberikan sedikit penambahan treatmen dan merubah sedikit kebiasaan kita,”imbuhnya.

Berikut ini adalah tips sederhana yang dibagikan oleh drh Indro.

  1. Memastikan kabin dalam kondisi bersih. Caranya dengan menyemprotkan cairan disinfektan terlebih dulu ke dalam kabin. Utamakan semprot pada bagian lingkar kemudi, shift knop, handel pintu, tuas pembuka jendela serta bagian-bagian lain yang sering disentuh.
  2. Upayakan kondisi badan selalu bersih. Salah satunya dengan mandi sebelum mengemudi.
  3. Menyediakan hand sanitizer di dalam kabin driver
  4. Mengkonsumsi vitamin C dan E setiap hari
  5. Jika kendaraan selesai digunakan, segera bersihkan mobil dengan disinfektan dan pengemudi lanjutkan dengan mandi untuk memperkecil paparan virus.