Trendy Dan Ekonomis, Pelek Aluminium Semakin Diminati Pengusaha Bus Dan Truk

Trendy Dan Ekonomis, Pelek Aluminium Semakin Diminati Pengusaha Bus Dan Truk
Tak hanya mampu suguhkan tampilan yang lebih trendy dan sporty, pelek aluminium pun tawarkan keunggulan finansial jangka panjang.
 

Pelek berbahan aluminium semakin marak digunakan, tak hanya pada truk namun juga armada bus. Nampak beberapa PO bus mulai beralih dari pelek besi bawaan kendaraan, ke pelek berbahan aluminium. Namun bukan hanya karena ingin armadanya punya tampilan lebih keren dan modern, tetapi ada efek lainnya yang lebih mendasar, yakni mampu mendatangkan keuntungan finansial yang cukup signifikan.

“Jika dibandingkan dengan pelek aftermarket berbahan besi, pelek Aluminium memang dibanderol dengan harga yang lebih mahal, bahkan bisa dua kali lipat, namun mampu memberikan keuntungan jangka panjang yang cukup nyata,” terang Amstrong Mia, Director of PT. Paduan Goedi Sinar Indonesia, pemegang brand Alcoa di Indonesia, saat dihubungi Kamis, (07/05)

“Pada armada bus, secara overall pengunaan Alcoa Wheels pada bus membantu meningkatkan umur pemakaian ban sekitar 30-40%, kampas rem sampai 50% dan fuel efficiency improve sekitar 2-5%,” terangnya.

Selain itu Amstrong mengatakan bahwa pelek aluminium pun lebih kuat hingga lebih dari 500% dari pelek besi dan nyaris tanpa ada perawatan khusus karena materialnya bebas dari korosi.

“Keunggulan lainnya adalah usia pemakaian pelek aluminium lebih panjang hingga 20 -30% lantaran punya Radial Run Out (RRO) yang lebih baik karena mampu melepas panas dan mampu mempertahankan tingkat kebulatan pelek,” tutupnya.