Truk dan Bus Hino Lawas Bisa Pakai Biosolar B30?

Truk dan Bus Hino Lawas Bisa Pakai Biosolar B30?
Kabar baiknya, bagi pengguna kendaraan Hino saat ini tidak perlu khawatir terhadap pengunaan B30. Kenapa?
 

Lewat peraturan pemerintah, mulai 1 Januari 2020, bahan bakar jenis biosolar dikembangkan menjadi tipe B30. BBM tersebut membutuhkan spesifikasi baru. Tapi kabar baiknya, bagi pengguna kendaraan Hino saat ini tidak perlu khawatir terhadap pengunaan B30. 

Pasalnya, Hino sudah sampai di tahap akhir pengembangan untuk menyiapkan retrofit kendaraan Hino (pembaruan parts) yang saat ini beroperasi atau produksi VIN dibawah tahun 2020. Retrofit ini pilihan digunakan untuk kendaraan Hino baik itu mekanikal maupun bermesin common-rail. Yaitu terdiri dari fuel filter yang lebih besar, serta sender, tank, piping dan hose yang memiliki material yang lebih tahan untuk pengunaan bahan bakar B30.

Selain itu untuk membantu efisiensi biaya operasional kendaraan, Hino juga memiliki strainer yang dijual terpisah dan digunakan sebagai tambahan pada bagian tangki bahan bakar. Peranti ini berguna untuk memperpanjang umur pemakaian filter solar, sehingga memberikan keuntungan bagi konsumen. Strainer ini dapat digunakan baik itu untuk kendaraan Hino baru produksi VIN 2020 maupun kendaraan sebelumnya.

Di luar pengerjaan retrofit, dengan sifat pencuci yang dimiliki bahan bakar B30 sehingga filter bahan bakar akan lebih cepat diganti untuk itu Hino memiliki beberapa saran untuk pemeriksaan dan perawatan kendaraan.

Di antaranya rutin membersihkan tangki bahan bakar setiap 3 bulan sekali. Ganti pre fuel filter & main fuel filter di 10.000 km secara berkala atau sesuai petunjuk buku service. Lalu periksa kandungan air dalam filter sebelum menghidupkan mesin. Dan jika kendaraan tersebut tidak beroperasi lebih dari 3 bulan, pastikan bahan bakar diganti dengan yang baru sebelum beroperasi kembali.

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia mengungkapkan “Dengan pengunaan bahan bakar B30, diharapkan pengusaha maupun pengemudi truk melakukan kontrol dan perawatan yang lebih rutin, ini dibutuhkan untuk mencegah atau meminimalisir penyumbatan filter sehingga kondisi kendaraan tetap terjaga dan bisnis dapat terus berjalan”. 

Untuk informasi lanjut mengenai layanan B30 baik itu perawatan, suku cadang dan penjualan konsumen dapat mendatangi dealer – dealer Hino terdekat yang ada di seluruh Indonesia atau menghubungi Hino customer call center di nomor 0 800 100 4466.