Truk Hino Produksi 2020 Sudah Dilengkapi Telematik, Apakah Itu?

Truk Hino Produksi 2020 Sudah Dilengkapi Telematik, Apakah Itu?
Fitur telematik yang sekarang menjadi tren pada produsen truk, agar konsumen bisa lebih detail mengetahui kondisi armada truknya.
 

Mengikuti tren yang saat ini berkembang di kalangan pabrikan truk di Indonesia, Hino kini melengkapi fitur telematik yang dinamakan Hino Connect, pada semua truk yang diproduksi tahun 2020. 

Hino Connect membantu pemilik Hino agar lebih mudah mengatur manajemen operasional armadanya. "Customer dengan mudah dapat mengetahui lokasi armadanya sehingga dapat mengestimasi waktu tiba di tujuan atau Estimated Time Arrival (ETA) dengan demikian akan meningkatkan efisiensi armada," ungkap Santiko Wardoyo, Direktur Sales and Marketing PT Hino Motors Indonesia (HMSI) di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Santiko menjelaskan, selain mempermudah dalam manajemen operasional armada, fitur Hino Connect juga membantu dalam manajemen pengemudi. Fitur ini menghasilkan data - data seperti perilaku supir mengemudi, durasi waktu mengemudi, dan mendeteksi kondisi kendaraan berhenti atau bergerak. Dengan manajemen pengemudi di Hino Connect konsumen akan mendapatkan keuntungan karena data - data yang dihasilkan, untuk meningkatkan efisiensi biaya operasional seperti penghematan bahan bakar.

Hino Connect juga memiliki fitur pengingat yang membantu pemilik armada Hino pengingat untuk perawatan berkala. Selain itu memberikan data jarak tempuh setiap unit, sehingga perawatan kendaraan dapat dilakukan secara tepat waktu. 

"Dengan fitur – fitur mumpuni yang dimiliki oleh Hino Connect, membuat armada semakin terawat, harga jual semakin meningkat dan bisnis semakin kuat," ujar Santiko Wardoyo.

Dia menjelaskan, fitur Hino Connect sudah tersemat pada kendaraan Hino di tahun produksi 2020 atau VIN 2020. Fitur ini dapat digunakan secara gratis oleh konsumen selama 5 tahun dan didukung  oleh tenaga –tenaga pendukung pada dealer Hino yang memiliki Hino Telematic Officer (HTO) untuk melayani segala kebutuhan mengenai Hino Connect.
Meski disebutkan konsumen mendapatkan fitur ini secara gratis, namun ternyata harga jual truk Hino VIN 2020 naik antara Rp 13 juta sampai 18 juta per unitnya.