Truk Trailer Pertama Adalah Sebuah Truk Pengangkut Mobil

Truk Trailer Pertama Adalah Sebuah Truk Pengangkut Mobil
Truk trailer ini awalnya menggantikan posisi kuda sebagai penarik kereta
 

Truk trailer atau semi-truk saat ini menjadi salah satu bagian dari kendaraan berperan penting dalam dunia komersial yang mengangkut berbagai bahan dan kebutuhan.

Sejarah semi-truk berawal pada 1896, di mana Alexander Winton asal Cleverland, Ohio, mengawali penemuannya ini dengan menggantikan kuda untuk menarik kereta di belakangnya dengan mobilnya. Pada 1898, Winton mendapatkan patennya dan mulai menjual semi truk pada 1899. Sebagai informasi, Winton pun merupakan pabrikan mobil yang mulai menjual produk mobilnya pada 1898.

Uniknya tugas pertama semi truk milik Winton ini bukan untuk mengangkut barang, melainkan mengangkut mobil bikinan Winton sendiri pada pelanggannya. Hal ini sekaligus menjadikannya sebagai car hauler pertama di dunia.

Ide pengantaran mobil ala Winton ini tak lepas dari salah satu bentuk pelayanan kenyamann kepada konsumen. Saat itu mobil-mobil produk Winton harus dikirim ke tempat hingga ratusan mil jauhnya dari dari showroom di Cleveland. Agar terhindar dari keausan komponen dan risiko kerusakan di perjalanan, maka mobilnya diangkut hingga tempat konsumen.