Unik, Perusahaan Logistik Gunakan Truk Listrik Ini Hanya Digunakan Untuk Pamer

Unik, Perusahaan Logistik Gunakan Truk Listrik Ini Hanya Digunakan Untuk Pamer
Sejauh ini, Fuso eCanter tersebut hanya digunakan untuk mengantar ke beberapa toko dalam radius 100 km.
 

Banyak cara membuat daya tarik masyarakat. Salah satunya dilakukan oleh Coles, perusahaan logistik di New South Wales, Australia. Perusahaan tersebut membeli satu unit truk Mitsubishi eCanter, sebagai salah satu armada yang digunakannya.

Uniknya, banyak yang memperkirakan bakal bertambah lagi truk listrik tersebut, namun ternyata Coles hanya menggunakan satu unit saja, itu pun untuk mengantar barang dalam radius 100 km saja.

Fuso eCanter yang disediakan melalui raksasa logistik Linfox tersebut, akan digunakan untuk mengangkut produk dari pusat distribusi di Eastern Creek ke sejumlah supermarket Coles Local."

Namun, baterai lithium-ion 82,8kWh-nya memungkinkan jangkauan maksimum hanya 100km dalam kondisi sempurna – menunjukkan bahwa hanya beberapa toko di Sydney Barat yang mungkin berada dalam jangkauan praktisnya.

Fuso eCanter ini menggunakan satu motor listrik untuk memutar roda belakang menggunakan transmisi dengan percepatan tunggal. Daya 180 hp dengan torsi 390 Nm, membuatnya sanggup melesat hingga 90 km/jam.

Truk dengan ladder frame ini, memiliki beban maksimum 4,15 ton. Namun apakah jarak tempuh 100 km itu bisa dilakukan dengan beban maksimum atau saat tanpa muatan, belum ada keterangan yang menyatakan hal itu.

"Sebagai penyedia logistik yang secara tradisional mengandalkan bahan bakar fosil, Linfox telah membuat komitmen untuk menemukan sumber energi alternatif," kata Peter Fox, eksekutif Linfox, dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari driver.com.au.

Coles dilaporkan mengoperasikan sekitar 2.700 truk saat ini, yang berarti kurang dari 0,04 persen dari total armadanya ditenagai oleh listrik.

Tahun lalu Australia Post mengimpor 20 contoh Fuso eCanter untuk digunakan di seluruh operasinya.