Van Listrik Komersial Menjadi Langkah Kia Untuk Bermain Di Segmen Listrik Penuh

Van Listrik Komersial Menjadi Langkah Kia Untuk Bermain Di Segmen Listrik Penuh
Tidak tanggung-tanggung, untuk proyek van listrik ini, Kia membuat pabrik khusus.
 

Perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Kia, memang tidak banyak memberikan detail tentang kendaraan  yang akan mereka luncurkan di masa mendatang. Tetapi, pabrik baru di Hwaseong, sudah tercium dan rencananya akan beroperasi pada 2025, untuk membuat van listrik komersial yang baru, seperti dilansir dari autoevolution.com.

Beberapa foto siluet dari purpose built van (PBV) dalam beberapa ukuran. Seperti van listrik pertama yang dibuat khusus, diberi kode SW, menjadi model menengah dengan 'skateboard platform' eS yang baru.

Sementara van lainnya berukuran lebih kecil, serta juga yang lebih besar akan menyusul dengan desain futuristik yang bersudut halus

"Awalnya kami akan menjajai pasar baru dengan model PBV, kemudian secara bertahap akan memperluas kehadiran di pasar global dengan PBV khusus dengan menampilkan teknologi otonom." ujar Ho Sung Song, CEO Kia.

Van komersial tersebut nantinya akan digunakan untuk logistik, makanan segar, kantor berjalan atau toko.

Dengan bergabung dalam permainan kendaraan komersial listrik, Kia bertujuan untuk menjadi "pemimpin global dalam solusi mobilitas berkelanjutan" dan "pemimpin PBV (Purpose-Built Vehicles) pada tahun 2030."

Pada tahap awal, sebanyak 100 ribu kendaraan komersial akan dibangun per tahun, kemudian akan ditingkatkan menjadi 150 ribu, sesuai permintaan.

Inisiatif PBV baru ini, merupakan pergeseran dari "Plan S" Kia senilai $25 miliar ke EV, yang dimulai pada tahun 2020. Bulan lalu, Kia memperkenalkan Niro Plus, kendaraan pertama yang dibuat khusus, berfungsi sebagai taksi dan kendaraan.