Viral Sosok Mazda Bongo di Indonesia, Hanya Jadi Basis Produksi

Viral Sosok Mazda Bongo di Indonesia, Hanya Jadi Basis Produksi
Selain Gran Max versi Indonesia, pabrik tersebut juga memproduksi van dan pikap Toyota Town Ace, serta Mazda Bongo dan Daihatsu Gran Max yang juga dijual di Jepang.
 

Pekan ini, sosok mobil Gran Max beremblem Mazda yang tengah diangkut truk di Indonesia menjadi viral di dunia maya. Salah satunya ada pada foto di atas.

Tak perlu heran, pada mobil Gran Max tapi beremblem Mazda. Karena sosok tersebut adalah Mazda Bongo yang khusus dijual di Jepang, yang diproduksi pabrik Daihatsu di Indonesia.

Selain Gran Max versi Indonesia, pabrik tersebut juga memproduksi van dan pikap Toyota Town Ace, serta Mazda Bongo dan Daihatsu Gran Max untuk pasar Jepang. Rencananya, Bongo dari Indonesia tersebut, akan dikapalkan ke Jepang, karena bulan ini mobil niaga tersebut sudah ada di dealer Mazda.

Secara detail meski sosoknya mirip tapi diluar emblem, ada banyak perbedaan antara Bongo dan Gran Max versi Indonesia. Seperti adanya penggunaan lampu LED dan assisting mirror di Bongo.

Lalu fitur keselamatan seperti Automatic High Beam dan Lane Departure Warning. Ada juga fitur pendeteksi pengguna jalan lain, Pre-collision Mitigation Warning dengan Auto Emergency Brake. Hingga Accidental Start Suppression Function with Brake Control.

Mesinnya pun beda, bukan 3SZ-VE 1.500 cc seperti di versi lokal. Melainkan model dual VVTI, 2NR-VE 1.500 cc dengan tenaga 97 PS yang mirip kepunyaan Avanza dan Rush.