Volkswagen Akan Membuat Campervan ID.California Berbasis ID.Buzz

Volkswagen Akan Membuat Campervan ID.California Berbasis ID.Buzz
Permintaan yang tinggi, membuat California dipastikan menjadi salah satu varian mobil komersial Volkswagen di masa mendatang.
 

ID. California, akan melebarkan cakupan campervan di jajaran Volkswagen, setelah Caddy California Micro Camper, 6.1 California yang berbasis Transporter serta versi lebih bisa di-customized, California XXL.

“ID.California berbasis ID.Buzz yang akan menjadi kendaraan yang mengutamakan kenyamanan sekaligus mendukung udara bersih,” jelas Dr. Carsten Intra, CEO Commercial Vehicle, Volkswagen.

Jadi spekulasi mengenai basis dari ID. California kali ini sudah jelas, dari pihak pembuat kendaraan itu sendiri, yaitu ID. Buzz. Dengan menggunakan motor listrik 111 kWh, tampak bahwa kendaraan ini memang disesuaikan dengan kebutuhan perjalanan jarak jauh. Begitu pula dengan wheelbase yang lebih panjang sehingga ruang interior sangat luas.

Atapnya pun akan dibuat po-up, sehingga penumpang di dalamnya bisa berdiri dengan leluasa.

Beberapa kelengkapan sebagai campervan juga disiapkan, seperti ‘dapur’ yang cukup untuk keperluan camping, selain perlengkapan tidur serta berbagai kompartemen yang disusun dengan baik. Sementara lantai yang rata, dimanfaatkan untuk baterai yang cukup besar.

Ada hal menarik mengenai pembuatan campervan ini. Direncanakan akan dibuat pada pabrik di Hannover, tidak di pabrik Wolfsburg seperti umumnya produk Volkswagen dibuat.

Padahal, sebelummya pabrik tersebut dibuat untuk membangun versi premium dari VW grup, seperti Audi dan Porsche. Namun Porsche memutuskan mengerjakan di pabrik lain dan VW pun memanfaatkannya untuk ID. California ini mulai 2025 mendatang.