Volvo Catat Pemesanan Truk Listrik Terbanyak Di Amerika Serikat

Volvo Catat Pemesanan Truk Listrik Terbanyak Di Amerika Serikat
Sebanyak 16 unit Volvo VNR elektrik akan dikirimkan akhir tahun ini di California Selatan
 

Volvo Trucks melaporkan pesanan truk Volvo VNR Electric Class 8 untuk pasar Amerika Utara. Truk elektrik yang diluncurkan pada Desember 2020 itu, mulai diproduksi pada kuartal ke dua 2021 di pabrik manufaktur New River Valley, Dublin, Virginia, seperti dilansir dari insideevs.

Sebanyak 16 unit Volvo VNR elektrik itu dipesan oleh perusahaan pergudangan dan distribusi,  A Maersk Company dan akan dikirimkan pada akhir tahun 2021 di California Selatan.

“Kami melihat tingkat pertumbuhan 30% dalam bisnis pergudangan dan distribusi kami. Pelanggan mencari lebih banyak truk untuk memenuhi permintaan pengiriman volume tinggi. Truk Volvo VNR elektrik ini akan memberi kami pengalaman langsung dalam membawa muatan regional dan manfaatnya bagi lingkungan. Hal itu akan menentukan langkah selanjutnya dalam modernisasi armada kami dan infrastruktur listrik yang diperlukan untuk operasi masa depan,”ujar ason Walker, executive vice president of operations of Performance Team, A Maersk Company.

Ini adalah pesanan komersial terbesar untuk Volvo VNR elektrik di Amerika Utara sejauh ini. Pada bulan April, Volvo Trucks menerima pesanan 14 unit untuk Quality Custom Distribution (QCD), pemasok logistik layanan makanan nasional di California. QCD sebenarnya menerima satu kendaraan pada bulan April sebagai bagian dari kesepakatan terpisah, dari total 15 unit pada akhir tahun 2022.

Pada bulan Juni, lima Volvo VNR elektrik dipesan oleh Manhattan Beer Distributors, distributor bir dan minuman yang berbasis di New York. Pertama dikirimkan pada Juni, bersama dengan tiga stasiun pengisian cepat.

Armada Manhattan Beer Distributors berjumlah lebih dari 400 truk pengiriman, yang menunjukkan bahwa ada peluang besar bagi EV, jika unit pertama berkinerja seperti yang diharapkan.

Volvo VNR elektrik ini, memiliki jangkauan hingga 150 mil (240 km) tergantung pada konfigurasinya. Ada tiga konfigurasi, yaitu truk rigid, daya tempuh 150 mil (240 km) dengan berat kotor hingga 15 ton, kemudian tracktor head 4x2 daya tempuh 120 mil (193 km), berat kotor 30 ton, kemudian traktor head 6x2 berdaya tempuh 120 mil (193 km) dengan berat kotor  37 ton.

Tenaga yang dihasilkan setara 455 hp dengan torsi 5.500 Nm. Menggunakan transmisi otomatik i-Shift dua percepatan dan dapat melakukan pengisian 80% dalam 70 menit menggunakan charger DC 150 kW.