Waspada! Rawannya Pengamen Preman Di Bus Cirebon

Waspada! Rawannya Pengamen Preman Di Bus Cirebon
Ini yang patut Anda waspadai jika ingin berpergian ke Cirebon memakai bus antarkota, pengamen preman kerap naik di wilayah Indramayu. Bus via tol Cipali atau menggunakan travel, menjadi alternatif.
 

Kejahatan premanisme berkedok pengamen kembali marak. Kali ini hadir di Indramayu hingga Cirebon, Jawa Barat. Para pengamen kerap naik ke bus, utamanya kelas ekonomi dari Jakarta dan memalak penumpang.

Ini yang patut Anda waspadai jika ingin bepergian ke Cirebon memakai bus. Dalam aksinya, para pengamen biasanya naik mulai dari wilayah Kuningan atau Patrol, Indramayu. Jumlahnya bisa tiga sampai lima orang. Setelah menyanyi, mereka memaksa para penumpang untuk memberi uang. Mereka pun tak mau uang receh.

Tak jarang pengamen ini mengancam penumpang menggunakan senjata tajam. Bahkan dalam beberapa kejadian, korbannya sampai harus mengeluarkan uang sampai Rp 50 ribu. Jumlah yang hampir sama dengan ongkos bus tersebut.

Kejahatan pemalakan tersebut tentu meresahkan. Bukan hanya mengganggu kenyamanan, tapi juga keamanan penumpang. Di sisi lain, kru bus juga kerap mendapat ancaman dari para pengamen jika tak mau menaikkan mereka.

Tetapi, hal ini bukan tak mendapat perhatian dari kepolisian Indramayu. Razia kerap dilakukan, bahkan dalam operasi kali ini Kapolsek Patrol, Mashudi sempat turun tangan dengan memberi penyuluhan pengaduan pengamen pada penumpang bus antarkota. Namun aksi ini terus berulang.

Solusinya, Anda bisa pilih bus jurusan Cirebon yang langsung melewati tol Cipali atau melakukan perjalanan secara rombongan. Bisa juga dengan memanfaatkan moda transportasi lain seperti travel dan kereta api.