Ada Penampakan Bus Sinar Jaya di Okinawa Jepang

Ada Penampakan Bus Sinar Jaya di Okinawa Jepang
Ini bukan bus Sinar Jaya yang buka cabang di sana. Melainkan unit bus perusahaan Ryukyu Bus Kotsu.
 

Jika Anda melintas jalan tol Cipali, atau kota-kota bagian barat Jawa Tengah seperti Tegal dan Purwokerto, mungkin kerap melihat bus-bus PO Sinar Jaya dengan ciri livery pelangi. Penampakan ini mungkin dapat Anda temukan juga di pulau Okinawa, Jepang.

Eits, ini bukan bus Sinar Jaya yang buka cabang di sana. Melainkan unit bus perusahaan Ryukyu Bus Kotsu. Dengan warna pelangi berjejer di sisi bodinya, bus-bus dari Ryukyu Bus Kotsu memang sepintas mirip armada Sinar Jaya.

Namun dilihat dari bus-bus yang dipakai jelas berbeda. Karena bus yang digunakan merupakan tipe-tipe khusus di pasar Jepang, seperti Isuzu Gala, Isuzu Super Cruiser dan Hino Blue Ribbon.

Tujuan Ryukyu Bus Kotsu menggunakan livery pelangi sendiri untuk menarik wisatawan di pulau Okinawa yang beriklim tropis. Tapi soal sejarah penggunaan livery ini, jelas Sinar Jaya lebih dulu.

Karena PO Sinar Jaya berdiri sejak tahun 1982 dan sudah memakai livery tersebut sejak tahun 90-an. Sementara Ryukyu Bus Kotsu baru berdiri pada 2006 lalu.