Begini Tampang, E-Cityline3 Bodi Bus Listrik Bersasis BYD

Begini Tampang, E-Cityline3 Bodi Bus Listrik Bersasis BYD
Seperti terlihat, bus berwarna putih tersebut belum memiliki grafis Transjakarta yang hadir pada dua bus BYD sebelumnya.
 

Bus-bus berpenggerak listrik terus unjuk gigi di Indonesia. Targetnya sebagai armada bus dalam kota.

Salah satunya produk BYD yang bodinya digarap oleh karoseri Laksana asal Ungaran, Jawa Tengah. Bocoran tampilan terbaru bus dalam kota ini hadir dari akun Instagram Mbah_Inu.

Bus berbodi E-Cityline3 yang dirilis pada Rabu (3/2) ini merupakan pesanan dari PT Bakrie Autoparts selaku distributor resmi bus listrik asal Tiongkok, BYD di Indonesia.

Seperti terlihat, bus berwarna putih tersebut belum memiliki grafis Transjakarta yang hadir pada dua bus BYD sebelumnya. Hanya ada stiker 'Hijau Untuk Negeri' di bagian belakang bodi bus.

Secara desain, E-Cityline3 mirip dengan bus Cityline3 yang sebelumnya dipesan Mayasari Bakti sebagai armada Transjakarta. Bedanya, ada pada grille yang terlihat futuristik dan aksen biru pada garis atas kacanya.

Menariknya, dikabarkan jika bus ini bersasis BYD tipe K9 yang merupakan big bus sepanjang 12 meter namun bertipe dek tinggi.

Hal tersebut berbeda dari K9 yang hadir sebelumnya, yakni versi lower deck yang pernah kami coba di Monas tahun lalu. Versi dek tinggi ini memungkinkan bus terintegrasi dengan platform pada halte Transjakarta.

Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai lokasi operasional atau operator bus ini. Namun secara spek, BYD K9 memiliki motor listrik tipe AC Synchronus dengan tenaga 300 kW serta torsi 1.100 Nm.

Bus 12 meter ini dilengkapi baterai 324 kWh berjenis Iron Phosphate. Saat berdaya penuh, baterai itu mampu menggerakkan motor listriknya hingga 250 km.