‘Beruang Es’ Warna Merah

‘Beruang Es’ Warna Merah
Berkaki delapan
 

Melewati liburan akhir tahun naik bus tentu bakal disebut biasa tapi naik bus dengan speksifikasi off-road tentu bukan cerita ringan. Apalagi kalau jalur yang akan dilewati berselimut salju. Ya, ada institusi pariwisata Sleipnir di Islandia yang punya program wisata melintasi padang salju dengan bus berpenggerak 8x8.

Basisnya dari truk Tatra yang asal Ceko, kemudian punya julukan sebagai “Tatra Bus’ ini sebagian besar kegiatan operasional berada di kawasan Langjökull yang merupakan area gletser alias perbukitan es terbesar kedua yang ada di Islandia. Desainnya sendiri diarsiteki oleh Ástvaldur Óskarsson, karena memang untuk keperluan wisata maka soal keamanan serta kenyamanan menjadi perhatian serius.

Penumpang bus ini bisa menyaksikan pemandangan nyaris tampa halangan dengan kaca seantero bodi berukuran besar, setiap jok berlapis kulit, sampai tersedianya toilet.

Basisnya memang dari truk Tatra Phoenix bermesin Paccar MX-13 dengan enam silinder kapasitas 13.000 cc.   Agar bisa melaju dengan aman di permukaan jalan yang licin serta terjal, maka dipakai kombinaso ban ukuran 65 inci dan 78 inci. Ban seukuran tersebut memang sesuai dengan kondisi alam di sana, melintasi gletser Islandia yang mencair membutuhkan kendaraan yang luar biasa.

Celah ukuran besar di permukaan jalan yang khas padang salju akan dapat dengan mudah menelan kendaraan off-road biasa. Selain itu bus ini juga dimensinya menjadi lebih besar dibandingkan kondisi awalnya. Panjangnya 15 meter, cukup memadai untuk bisa didorong pembangkit daya besar dengan potensi daya sampai 850 tenaga kuda. Kecepatan maksimalnya 60 km/jam, di permukaan jalan bersalju.