Bodi “Combi” Laksana, Satu Model Bus Dua Kelas Fasilitas

Bodi “Combi” Laksana, Satu Model Bus Dua Kelas Fasilitas
Bisa jadi opsi menambah penumpang segmen premium
 

Tahun 2022, bertepataan saat gelaraan GIIAS, karoseri Laksana memboyong tiga unit model yang kemudian dikenal sebagai “Combi”. Salah satunya yang kini mengaspal bersama PO Sinar Jaya dengan nama resmi “Legacy Suites Combi Family Class”. Jika belum berubah masih menlayani rute Jakarta-Yogyakarta.

Pada unit milik Sinar Jaya tersebut, kabinnya terdiri dari dua kompartemen kelas. Bagian depan ada konfigurasi kursi 2-2 dengan kelengkapan reclining seat pada  kedua sisi. Kemudian pada kompartemen kedua ada barisan bilik “Suites Class” yang merupakan area ‘sleeper’.

Desain unik waktu itu, kendati meski separuh konfigurasinya adalah kabin dengan barisan kursi formasi 2-2, namun pada area ‘sleeper’ punya daya tampung 15 orang.  

Stefan Arman, Technical Director Laksana, menyebutkan bahwa desain ‘Combi’ merupakan desain yang fleksibel. “Cocok bisa digunakan untuk (bus) pariwisata dan juga bus regular,” bukanya. Sejurus kemudian diterangkannya lagi,”Untuk (bus) pariwisata bisa menawarkan experience berwisata yang unik dimana penumpang dapat mencoba posisi duduk dengan dua experience yang berbeda.”

Untuk membangun bus dengan desain ‘Combi’ juga tidak ada batasan, bisa untuk bus ukuran sedang maupun besar. Seperti yang pernah dihadirkan pihak Laksana saat GIIAS 2022 dengan nama “Individual Series” pada bus ukuran sedang.

Desain "Combi" dari Laksana pada bus ukuran sedang di GIIAS 2022

 

Saat GIIAS 2023 pihak Laksana bahwa melangkah lebih jauh lagi dengan desain kombinasi ini. Ada dua unit yang kabinnya punya karakter ganda. Bahkan salah satunya yang berbasis Hino kompartemen depannya ada empat ‘kamar’ dengan kombinasi area ‘sleeper’ di belakangnya.

Sejurus kemudian dipungkaskan oleh Arman bahwa desain ‘Combi’ merupakan solusi lengkap bagi operator bus dalam menyediakan pilihan pelayanan dalam satu unit yang sama,“Untuk (bus) reguler saya kira bisa dijadikan sebuah bus yang dapat mengakomodasi penumpang yang ingin berkendara dalam posisi rebahan, namun dengan suites combi ini dapat juga menampung penumpang yang relatif lebih banyak dari bus yang full suites class.”

Baca juga : Laksana Legacy SR3 Double Decker Diboyong Harapan Jaya Untuk Rute Jakarta-Surabaya

Baca juga : Mau Beli Bus Double Decker? Segini Harganya…