Bukan Hanya Smartphone, Bus Ini Juga Punya Jaringan 5G

Bukan Hanya Smartphone, Bus Ini Juga Punya Jaringan 5G
Tentu bukan sekadar peranti telekomunukasi, melainkan untuk mendukung sistem otonom bus tersebut.
 

Teknologi 5G ternyata bukan hanya bisa dinikmati oleh peranti seperti smartphone dan gawai lainnya. Bus pun dapat mengaplikasikan teknologi tersebut. Seperti yang satu ini.

Ya, ini adalah bus keluaran pabrikan asal Tiongkok, Zhengzhou Yutong Bus Co.Ltd., yang menghadirkan teknologi 5G. Tentu bukan sekadar peranti telekomunukasi, melainkan untuk mendukung sistem otonom bus tersebut.

Seperti dilansir Xinhuanet, bus Yutong 5G ini dikenalkan lewat ajang Global 5G Industry Innovation Summit. Gelaran tersebut berlangsung akhir bulan lalu di Chengdu, Tiongkok.

Pengoperasian otonomnya berdasarkan program cloud control platform dengan tujuh fungsi utama. Termasuk parkir otomatis, cek kondisi hingga cas otomatis. Fitur terakhir memungkinkan bus bergerak dari tempat parkir ke stasiun pengecasan.

Bus Yutong 5G ini juga akan melayani calon penumpang dengan mudah. Karena cukup dengan akses intelligent call, penumpang dapat memanggil bus untuk layanan antar jemputnya.

"Fitur ini dapat meningkatkan efisiensi pengoperasian di terminal kami," kata Zhang Like, Insinyur Zhengzhou Yutong Bus Co., Ltd dikutip dari Xinhua.

Toh demikian, dengan kecanggihan dan sistem otonom yang mampu menggerakkan bus secara independen, pengemudi bus tetap dibutuhkan. Pihak Yutong mengatakan hadirnya supir untuk memastikan faktor keamanan dan keselamatan yang lebih baik.