Bus Kota Tenaga Sinar Matahari

Bus Kota Tenaga Sinar Matahari
Teknologi hibrida mesin konvensional dengan panel surya
 

Animo kreator otomotif di banyak negara nyata semakin agresif berlomba-lomba mendesain serta membuat kendaraan yang berdaya energi ramah lingkungan. Salah satunya adalah Sono Motors GmbH asal Jerman meluncurkan solusi energi matahari untuk digabungkan dengan bus kota yang bermesi fosil.

Sono Motors yang didirikan tahun 2016 itu memang punya tujuan bisnis mengembangkan dan memasarkan teknologi yang mengintegrasikan modul tenaga surya dengan sistem elektronik kendaraan serta pembangkit tenaga yang sudah ada.

Sono Motors juga sudah mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan pabrikan, seperti  MAN, untuk langsung menerapkan teknologi nihil karbon itu. Sekarang Sono Motors menampilkan program bernama “Solar Bus Kit”. Bisa dipakai untuk bus kota dengan panjang 12 meter. Sebuah modl penangkap sinar mentari akan bisa menghasilkan daya 1,4kW dari panel surya sepanjang 8 meter persegi di atas atap bus.

Paket ini diklaim bisa menghasilkan energi yang cukup untuk menghemat hingga 1.500 liter solar dan menghilangkan hingga karbon sebanyak empat ton CO2 per tahun. Pihak operator bus kota sendiri akan mendapatkan hasil dari penghematan ini dalam waktu sekitar tiga sampai empat  tahun karena bisa melalukan penghematan bahan bakar fosil.

Pihak Sono menyebut bahwa paket oleh energi hibrida dengan bantuan sinar matahari ini juga bisa diaplikasikan untuk mobil pribadi.