Bus Listrik Buatan Vietnam Mulai Mengaspal

Bus Listrik Buatan Vietnam Mulai Mengaspal
Produsen mobil pertama Vietnam tersebut telah mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menguji bus listrik pertama yang ramah lingkungan.
 

Sejak tahun lalu produsen mobil asal Vietnam, VinFast mulai gencar menggelontorkan produk baru. Termasuk saat mengumumkan pengembangan bus listrik.

Pada bulan Oktober ini, kendaraan tersebut mulai mengaspal. Seperti dilansir Carsifu (21/10), produsen mobil pertama Vietnam tersebut telah mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menguji bus listrik pertama yang ramah lingkungan.

Tampilan eksteriornya menyolok dengan bodi bercorak hijau dan hitam. Lalu ada  logo "V" dari VinFast ditempatkan di bagian depan dengan logo "Green" di pojok kanan bawah dan papan LED elektronik.

Bus listrik VinFast menggunakan blok motor listrik yang terletak di bagian belakang. Ruang motor listriknya terdapat pintu berkisi dengan bukaan melintang yang berfungsi untuk menghilangkan panas.

Motor tersebut digerakan dengan sokongan baterai berdaya 281 kWh. Dengan pengisian daya di stasiun sebesar 150 kW membuat baterai akan terisi penuh selama 2 jam. Dengan kodisi baterai penuh, bus ini sanggup berjalan sekitar 220-260 km.

Fasilitas yang ditawarkan untuk penumpang diantaranya WiFi gratis, layar infotainment dan port pengisian USB. Lalu ada kamera keamanan, dashcam, kamera mundur dan CCTV untuk sisi kanan bus saat parkir.

Rencananya bus listrik VinFast pertama akan dioperasikan oleh VinBus Transportation Services Company Limited (di bawah Vingroup) di Hanoi. VinBus sekarang akan memfokuskan upaya mereka untuk beroperasi di pusat kota Hanoi, Kota Ho Chi Minh dan Phu Quoc dengan armada hingga 200 bus.

Armada tersebut diharapkan beroperasi dari pukul 5.00 pagi hingga 10.00 malam setiap hari dengan penumpang membutuhkan waktu hingga 20 menit per perjalanan.