Bus Listrik Tenaga Matahari Diuji Dalam Bentuk Bus Gandeng

Bus Listrik Tenaga Matahari Diuji Dalam Bentuk Bus Gandeng
Bus menarik trailer yang terselubung panel surya, sebagai sumber daya untuk pemanas, ventilasi, pendingin udara serta sistem kemudi.
 

Jejak karbon menjadi alasan mengapa banyak pihak berusaha mengurangi emisi demi menjaga udara di lingkungan menjadi lebih bersih. Perusahaan transportasi di Munich, Jerman, yaitu MVG, (Münchner Verkehrsgesellschaft), baru saja memulai pengujian trailer panel surya yang dapat dipasang ke bus yang ada, sembari menjanjikan untuk menurunkan jejak karbon mereka secara signifikan setiap tahun.

Trailer ini dilapisi panel surya yang disediakan oleh Sono Motors dan membantu menghemat bahan bakar dengan menyediakan tenaga untuk pemanas, ventilasi dan pendingin udara, serta sistem kemudi trailer.

MVG mengatakan, bahwa trailer berpotensi membantu menghemat hingga 2.500 liter solar per tahun per kendaraan dan juga mengurangi emisi CO2 per kendaraan lebih dari 6,5 ton. Hal ini dicapai melalui penggunaan 20 panel fotovoltaik semi-fleksibel dari Sono Motors (teknologi yang sama yang digunakan dalam model produksi pertamanya, Sion).

Menurut Laurin Hahn, salah satu pendiri dan CEO Sono Motors, Kemitraan dengan MVG menggambarkan potensi besar dari teknologi surya kami yang unik, yang sekarang digunakan untuk pertama kalinya dalam sejarah perusahaan transportasi umum. "Ini adalah tonggak sejarah dalam misi Sono Motors untuk membuat setiap kendaraan bertenaga surya," ujarnya.

Ia juga mengatakan, terutama di saat harga energi naik dan peraturan emisi daerah perkotaan meningkat, teknologi surya kami menawarkan nilai tambah yang besar bagi operator transportasi umum.

Bus kota dan gerbong, baik bertenaga listrik atau diesel, menawarkan banyak ruang dan berada di jalan setiap hari. Trailer bus surya pertama untuk MVG akan diluncurkan di jalan-jalan Munich di masa depan dan memungkinkan penumpang MVG merasakan mobilitas surya dalam penggunaan sehari-hari.

Meski trailer surya sedang diuji di belakang bus diesel, Sono Motors mengatakan bahwa panel fotovoltaik khusus dapat diintegrasikan ke dalam bus listrik dan memberikan perluasan jangkauan yang mencolok.

Saat ini, tidak ada bus listrik dengan panel surya dari Sono, tetapi perusahaan tersebut telah menandatangani kesepakatan dengan produsen bus dan truk MAN, sehingga kita dapat melihat kendaraan dari merek ini memiliki fitur teknologi di masa depan.