Bus Tronton SAN Sambangi 25 PO Di Sumatra, Ada Yang Dari Zaman Belanda

Bus Tronton SAN Sambangi 25 PO Di Sumatra, Ada Yang Dari Zaman Belanda
Menariknya di Sumatera Barat, bus ini akan menyambangi perusahaan otobus yang sudah sangat tua, yakni NPM. Di mana surat izinnya diterbitkan oleh Belanda sekitar tahun 1930-an.
 

Seperti kami kabarkan sebelumnya, bus tronton Mercedes-Benz OC500RF 2542 dari PO SAN (Siliwangi Antar Nusa) melakukan perjalanan keliling Sumatra pekan ini. Salah satu agendanya adalah menyambangi perusahaan otobus (PO) di sana.

Dalam perjalanan yang berlangsung mulai 15 Maret 2021 hingga 3 April 2021 bus tersebut akan mampir ke 25 PO yang tersebar di tiap provinsi Sumatra. Mulai Lampung hingga Aceh.

Menariknya di Sumatra Barat, bus ini akan menyambangi perusahaan otobus yang sudah sangat tua, yakni NPM. Di mana surat izinnya diterbitkan oleh Belanda sekitar tahun 1930-an.

Nantinya akan dikulik juga sejarah, teknologi, regulasi dan perkembangan dunia transportasi darat khususnya otobus di Indonesia. Selain itu, ada juga cerita sejarah bagaimana perusahaan otobus itu bisa berdiri dan terus bertahan hingga kini.

Sebagai catatan, Kurnia Lesani Adnan ketua IPOMI sekaligus pemilik PO SAN dan PerpalZ TV berinisiatif untuk melakukan Sumatera Roadshow 2021. Roadshow ini ingin menunjukkan angkutan bus dapat menjadi pilihan masyarakat sebagai sarana transportasi yang aman, nyaman dan handal.

Roadshow ini akan menempuh total jarak sekitar 6.300 kilometer pergi pulang. Bus ini juga akan menyambangi daerah-daerah wisata dan kekayaan kuliner daerah yang ditemui di sepanjang perjalanan. Diharapkan, kegiatan ini bisa membantu bangkitnya pariwisata di daerah yang juga terimbas oleh Pandemi Covid-19.

Berikut PO yang akan disambangi bus tronton SAN:

1.    Palembang: PO Epastar dan PO Yoanda Prima
2.    Lampung: PO Gumarang Jaya Bersama, Puspa Jaya (Bareka), PO PHB, PO Armada Penantian.
3.    Bengkulu: PO SAN , PO Putra Raflesia, PO CSH, PO Putra Simas
4.    Jambi: PO Family Raya Ceria
5.    Padang: PO Transport, PO ANS, PO NPM
6.    Pekanbaru: AJAP (Antar Jemput Antar Propinsi) dan AJDP (Antar Jemput Dalam Propinsi)
7.    Medan: PO Intra, PO Makmur, PO Bintang Utara Putra, PO Medan Jaya Simalem, PO RAPI, PO ALS, PO Putra Pelangi (Aceh), PO PMTOH (Aceh), PO Kurnia Group (Aceh), PO Sempati Star (Aceh).