Bus VW Masuk Filipina, Langsung Terapkan Social Distancing

Bus VW Masuk Filipina, Langsung Terapkan Social Distancing
Volksbus 9.160 OD adalah sasis minibus mesin depan produksi Volkswagen Caminhões e Ônibus Brasil di bawah MAN Amerika Latin.
 

MAN Automotive Concessionaires Corp., distributor bus dan truk Jerman di Filipina menambah jajaran produknya dari jenis bus low entry medium. Bus tersebut keluaran VW, yakni Volksbus 9.160 OD yang langsung menerapkan konsep social distancing.

Volksbus 9.160 OD adalah sasis minibus mesin depan produksi Volkswagen Caminhões e Ônibus Brasil di bawah MAN Amerika Latin. Bus ini berbobot 9 ton ditenagai oleh mesin Cummins ISF 3.800 cc yang menghasilkan 160 PS. Mesin diesel dilengkapi girboks manual 5 percepatan dari ZF. Kendaraan ini sudah memenuhi standar Euro 5.

Prototipe bus ini dikenalkan pekan lalu di Filipina dengan konsep bus kota berlantai rendah. Bodinya terinspirasi dari bus MAN City Lion versi medium yang dibangun oleh Almazora Motors Corp.

Namun ada sentuhan baru dengan merancang front fascia yang berbeda. Yakni dengan menggabungkan elemen desain Volkswagen dengan fungsionalitas. Seperti terlihat dari panel grill hingga lampu depan kombinasi dengan DRL.

Karena hadir sebagai bus kota, pada dasarnya memiliki fasilitas yang sama seperti pintu masuk tengah yang lebar dengan tanjakan kursi roda untuk penyandang disabilitas. Lalu pegangan untuk penumpang berdiri.

Diluncurkan di saat pandemi corona, bus ini juga memiliki konfigurasi seat social distancing 1-1-1 dengan total 19 jok. Yakni memiliki lima  kursi di depan dan 11 di belakang. Serta selain dua bangku prioritas dan satu kursi kondektur.