Damri Resmi Operasikan Bus Ramah Disabilitas

18 December 2020
ILM
 
Rencananya pada tahun 2021 akan direalisasikan lima unit bus yang akan ditempatkan di Pulau Lombok dan Sumbawa.
 

Bulan Desember ini Perum Damri resmi meluncurkan layanan bus ramah disabilitas dan lansia di Nusa Tenggara Barat. Bus berjuluk NTB Gemilang ini sebelumnya telah melalui tahap uji coba sejak bulan Oktober lalu.

Peresmian NTB Gemilang ini dilakukan pada Rabu (16/12/2020) bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi NTB Jalan Langko Nomor 49, Mataram.

Rencananya pada tahun 2021 akan direalisasikan lima unit bus yang akan ditempatkan di Pulau Lombok dan Sumbawa. NTB Gemilang dilengkapi tangga otomatis yang digerakkan dengan hidrolik yang dapat bergerak naik-turun dengan kapasitas beban 120 kilogram.

NTB Gemilang juga dirancang agar pengguna kursi roda dapat naik ke dalam kabin bus. Di mana tersedia sepuluh titik kursi roda dilengkapi sabuk pengaman kursi roda. Bus ini memiliki 20 kursi untuk penumpang tanpa kursi roda.

Kehadiran NTB Gemilang sendiri bertujuan untuk menunjang kemandirian sahabat disabilitas seperti sekolah, bekerja dan aktivitas lainnya. Harapan lainnya peresmian NTB Gemilang nantinya akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan darat.

"Damri melihat adanya kebutuhan aksesibilitas transportasi sahabat disabilitas yang berada di Kota Mataram serta program unggulan NTB terkoneksi," kata Direktur Utama Damri, Setia N Milatia Moemin dalam rilis resminya.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait