Ditunda, Toei Transportation Tetap Kenalkan Bus Toyota Sora Sebagai Armada Olimpiade

Ditunda, Toei Transportation Tetap Kenalkan Bus Toyota Sora Sebagai Armada Olimpiade
Toei Transportation sempat mengenalkan armada yang akan digunakan selama gelaran olahraga dunia yang ditunda hingga 2021 tersebut awal Juni lalu.
 

Ajang Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya ditunda hingga 2021 karena virus corona. Padahal perusahaan transportasi dalam kota Tokyo, Toei Transportation sempat mengenalkan armada yang akan digunakan selama gelaran olahraga dunia tersebut awal Juni lalu.

Bus yang akan digunakan sendiri adalah Toyota Sora. Mengusung sumber energi ramah lingkungan, Sora dilengkapi dengan sistem tenaga listrik fuel cell canggih.

Yup, Sora mengandalkan Toyota Fuel Cell System (TFCS) yang dikembangkan dari kendaraan listrik sel bahan bakar Toyota Mirai (FCEV). Sehingga bus ini bergerak tanpa menghasilkan emisi CO2. Serta kenyamanan penumpang berkat suasana tenang tanpa suara berisik khas mesin diesel dengan getaran minimal.

Sumber penggerak listriknya dilengkapi dengan perangkat output daya eksternal berkapasitas tinggi. Sistem tersebut dapat memberikan output tinggi dan kapasitas besar pada pasokan listrik, yakni hingga 235 kWh.

Sora menampilkan desain dan fungsi universal yang berpusat pada  kebutuhan manusia. Hal ini diwakili dengan desain kabin dan dek yang mudah diakses bagi lansia dan difabel. Sehingga mobilitas di bus ini tidak lagi menghadirkan hambatan bagi pelanggan yang menantang hal-hal yang mustahil.

Rencananya, akan ada lebih dari 100 bus fuel cell, terutama di dalam wilayah metropolitan Tokyo, menjelang Olimpiade dan Paralimpik Tokyo. Dan selain Toyota Sora, pihak Toei Transportation juga sudah memiliki Toyota FC Bus dengan sistem penggerak yang sama.