ECE.R66 Di Karoseri Laksana, Menjamin Bodi Lebih Kuat

ECE.R66 Di Karoseri Laksana, Menjamin Bodi Lebih Kuat
ECE.R66 merupakan singkatan dari Economic Comission Europe Regulation No. 66. Ini regulasi standar yang berlaku di Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), apa saja ketentuannya?
 

Sebagai karoseri yang memproduksi bodi bus untuk pasar mancanegara, CV Laksana ingin produknya lolos dengan standar internasional. Salah satunya standar keselamatan ECE.R66. Apa itu?

ECE.R66 merupakan singkatan dari Economic Comission Europe Regulation No. 66. Ini regulasi standar yang berlaku di negara-negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). Pengujian ECE.R66 diterapkan pada desain rangka bus untuk uji guling, atau roll-over test.

Lolosnya bodi dengan standar ECE.R66 berarti bus lebih aman bagi penumpang saat terguling. Karena secara kekuatan struktur rangka bodi, mau pun desain panel interior harus mumpuni agar tidak membahayakan penumpang.

Secara ketentuan, bodi berstandar ECE.R66 tidak akan terjadi deformasi, atau rangka, interior dan eksterior yang berpotensi ringsek dan masuk ke dalam ruang residual (utama) penumpang. Untuk itu, panel interior seperti rak bagasi dan komponen AC didesain di luar ruang residual penumpang.

Laksana sendiri saat ini memasarkan produknya hingga ke Bangladesh dan Fiji. Sementara di dalam negeri, sudah banyak perusahaan otobus antarkota dan pariwisata yang mengandalkan bodinya. Di luar itu, armada gandeng Transjakarta seluruhnya juga memakai bodi dari karoseri asal Ungaran, Jawa Tengah itu.