Ikebus Toshima Omnibus, Bus Kota Unik Yang Mirip Kaki Seribu

Ikebus Toshima Omnibus, Bus Kota Unik Yang Mirip Kaki Seribu
Ikebus Toshima Omnibus merupakan bus medium berpenampilan unik karena dilengkapi dengan 10 ban berukuran mungil.
 

Jika melihat kendaraan dengan 10 roda, mungkin Anda akan berpikir jika sosoknya berupa truk trailer berukuran besar. Namun Ikebus Toshima Omnibus yang beroperasi di Tokyo ini justru sebaliknya.

Karena Ikebus Toshima Omnibus merupakan bus medium berpenampilan unik karena dilengkapi dengan 10 ban berukuran mungil. Hal ini langsung mengingatkan pada bentuk hewan kaki seribu.

Secara keseluruhan, desain eksterior Ikebus Toshima Omnibus memang aneh. Mulai dari headlamp bulat dengan gril mungil yang membuatnya seperti wajah anak-anak. Lalu ada patung burung di bagian atap depan dan belakang bus.

Bus ini mampu mengangkut hingga 22 penumpang dengan rincian satu pengemudi, 14 duduk dan 7 berdiri. Seat penumpang dirancang saling berhadapan layaknya bus rapid transit di tanah air.

Uniknya, kabin Ikebus Toshima Omnibus tak dilengkapi AC. Sebagai pendinginnya, ada jendela dengan bukaan angkat yang cukup lebar.

Kecepatan bus dibatasi hanya 19 km/jam saja. Cocok untuk wisatawan yang ingin melihat-lihat kawasan Ikebukuro dengan santai.
 
Sebelum pandemi, Ikebus Toshima Omnibus beroperasi pada pukul 10.00-20.00. Rutenya mengelilingi kawasan sekitar stasiun Ikebukuro. Harga tiketnya 100 Yen (Rp 13.600) untuk anak-anak dan 200 Yen (Rp 27.200) untuk dewasa.