Ini Sosok Humanity Food Bus 1.0, Jadi Yang Pertama Di Indonesia

Ini Sosok Humanity Food Bus 1.0, Jadi Yang Pertama Di Indonesia
Humanity Food Bus 1.0 yang diklaim baru pertama dibuat di Indonesia ini dirakit oleh karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah.
 

Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) kerap menghadirkan fasilitas 'dapur berjalan' sebagai sarana membantu sesama. Dan setelah menghadirkan Food Truck di Indonesia dan Palestina, kini ACT menyiapkan andalan baru berupa Humanity Food Bus 1.0.

Seperti dilansir dari keterangan resminya, Humanity Food Bus 1.0 yang diklaim baru pertama dibuat di Indonesia ini dirakit oleh karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah.

Basisnya tetap bodi Legacy SR2 S-Series HD Prime. Namun dari luarnya saja bisa langsung terlihat perbedaannya. Karena ada sederet ubahan dari bodi bus standar.

Semisal adanya kaca geser di bagian belakang selendangnya. Lalu ada dua buah pintu di tengah dan belakang kabin. Hal tersebut menyesuaikan kebutuhan bus yang memang bukan mengangkut penumpang.

Karena, tujuan Food Bus ini diperuntukan sebagai dapur berjalan. Sehingga begitu masuk ke kabin. Bukan deretan jok yang didapat. Melainkan peralatan dapur besar yang diklaim mampu menghasilkan ribuan porsi makanan.

Nantinya bus ini akan bertugas berkeliling Indonesia untuk membagikan makanan secara gratis pada yang membutuhkan, khususnya masyarakat pra sejahtera. Serta masyarakat di kawasan bencana.

Joni Kusuma, Chef Humanity Food Bus ACT menjelaskan jika bus dibangun dari sasis Mercedes-Benz OH 1626. "Selama proses pengerjaan, kita membuat layout, kerangka unit dan koordinasi dengan Laksana terkait fungsi, keamanan, hingga hidrolik dan sebagainya," urainya.