Irizar Siapkan Bus Antarkota Berbahan Bakar Gas, Lebih Hemat Biaya

Irizar Siapkan Bus Antarkota Berbahan Bakar Gas, Lebih Hemat Biaya
Terkait dengan biaya operasional, diperkirakan penurunannya dapat mencapai hingga 35 persen dari total biaya konsumsi bus diesel.
 

Karoseri bus asal Spanyol, Irizar siap meluncurkan armada antarkota berbahan bakar gas CNG dan LNG dengan sasis Scania. Kendaraan pertama yang akan dipasarkan adalah Irizar i4 CNG, bus Kelas II versi H dengan panjang 12.920 mm.

Tapi nantinya line up bus berpenggerak gas Irizar akan makin banyak. Karena Irizar juga tengah menyiapkan model Irizar i3le (12-15 meter) dalam versi CNG.

Selain itu akan hadir juga Irizar i4, Irizar i6 dan Irizar i6S di rentang panjang 12 hingga 15 meter dalam versi LNG. Semuanya dibangun dengan sasis Scania.

Untuk kebutuhan sumber penggerak CNG, bus Irizar i4 akan memiliki tambahan peralatan berbobot sekitar 750 kg. Sistem ini akan menggabungkan 4 tangki silinder CNG tipe IV longitudinal, dengan total volume 1260 dm3 dan perkiraan kapasitas gas 240 kg.

Peranti tersebut bisa diupgrage dengan penambahan tangki untuk menambah jarak tempuh, tentu hal ini tergantung pada kebutuhan operator. Integrasi tangki penyimpanan menjaga estetika dan aerodinamika kendaraan.

Dari rilis resminya, Irizar Group menyatakan jika dengan teknologi ini mengurangi emisi CO2 antara 20 dan 25 persen, NOx hingga 60 persen dan emisi materi partikulat lebih dari 98 persen. Selain kinerja termal yang lebih tinggi daripada diesel, getaran dan emisi kebisingan juga diminimalkan antara 4-5 dB.

Terkait dengan biaya operasional, diperkirakan penurunannya dapat mencapai hingga 35 persen dari total biaya konsumsi bus diesel. Tapi bergantung pada perbedaan antara biaya gas dan solar. Biaya perawatannya diklaim tetap sama dengan kendaraan diesel konvensional.