Jawa Timur Akan Kebanjiran Bus AKDP Mercy Mesin Depan

Jawa Timur Akan Kebanjiran Bus AKDP Mercy Mesin Depan
Hal ini tentu menarik, karena big bus bermesin depan boleh jadi banyak ditinggalkan para pengusaha bus di Indonesia.
 

Setelah tertunda akibat corona, akhirnya dua perusahaan otobus (PO) besar di Jawa Timur, yakni Akas Mila dan Harapan Jaya mulai menjemput unit-unit baru mereka di karoseri. Menariknya, unit anyar tersebut adalah big bus bermesin depan, Mercedes-Benz OF 1623.

Unit baru tersebut belum lama ini masuk tahap inspeksi dan pengecekan oleh dealer MB Hartono Raya Motor di Surabaya. Nantinya setelah pengecekan, baru akan dikirim ke garasi masing-masing PO untuk penugasannya.

Hal ini tentu menarik, karena big bus bermesin depan boleh jadi banyak ditinggalkan para pengusaha bus di Indonesia. Kurangnya kenyamanan penumpang dan kesulitan saat servis jadi alasan. Tapi harga murah dan irit bahan bakar membuatnya masih diandalkan, terutama untuk rute pendek seperti bus Antarkota Dalam Provinsi (AKDP).

OF1623, memiliki mesin diesel 6.370 cc, enam silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 230 PS. Pesaingnya saat ini hanya diisi oleh Hino AK215 yang bermesin 7.684 cc dengan tenaga 215 PS.

Harapan Jaya asal Madiun sendiri mengoperasikan bus ini sebagai armada AKDP kelas AC Tarif Biasa (Istilah AC Ekonomi seat 2-3 di Jawa Timur) dengan rute kawasan barat di Jawa Timur, seperti Trenggalek ke Surabaya. Pesanannya mencapai lebih dari 30 unit.

Sedangkan PO Akas yang bermarkas di Probolinggo akan menggunakannya sebagai armada AC Tarif Biasa rute timur di Jawa Timur seperti Banyuwangi atau Pasuruan. PO Akas membeli puluhan unit bus OF1623 untuk mengganti Hino AK215 lawas mereka.