Karoseri Bus di Filipina dan Brazil Bikin Solusi Transportasi Di Masa Corona

Karoseri Bus di Filipina dan Brazil Bikin Solusi Transportasi Di Masa Corona
Alih-alih menggunakan satu lorong seperti bus umumnya, versi 'New Normal' di masa corona ini, seat dibuat terpisah dengan dua buah lorong.
 

Virus corona sudah setengah tahun menyebar ke seluruh dunia. Seluruh sektor terkena dampak negatifnya, termasuk dunia transportasi massal. Untuk itu, karoseri bus pun mengakali untuk memberi rasa aman pada penumpangnya.

Seperti ditunjukan karoseri Del Monte Motor Works Inc. di Filipina pada bus DLTB Co. Dari sisi eksterior, mungkin tak berbeda dari bus antar kota kebanyakan. Namun begitu masuk ke dalam, kabinnya jelas terasa unik.

 

Ini karena konfigurasi joknya yang bertipe 1-1-1. Ya, alih-alih menggunakan satu lorong seperti bus umumnya, versi 'New Normal' di masa corona ini, seat dibuat terpisah dengan dua buah lorong. Selain menempatkan seat dengan aturan jarak fisik, bus ini juga memiliki sekat di bagian kepala.

 

 

Hal serupa dilakukan karoseri Marcopolo asal Brazil. Di mana perusahaan karoseri yang terkenal dengan produknya yang tersebar di Amerika Latin ini menghadirkan bus dengan konfigurasi jok 1-1-1.

Namun ada yang berbeda dari produk di Filipina, yakni bagian sekatnya. Jika bus di Filipina memakai sekat berbahan akrilik transparan, maka di Brazil menggunakan sekat tirai kain. Tujuannya sama, yakni menghindari terjadinya kontak antarpenumpang. Karoseri di Indonesia ada yang minat berinovasi seperti ini?