MAN Rilis 2 Chassis Bus Anyar Mesin Depan untuk Pasar India, Salah Satunya Bus Tronton

MAN Rilis 2 Chassis Bus Anyar Mesin Depan untuk Pasar India, Salah Satunya Bus Tronton
MAN Trucks India merilis chassis ini dalam dua pilihan. Yakni, model CLA18.250 (4×2) dan model CLA 22.300 (6×2) multi-axle alias bus tronton.
 

MAN Trucks India, anak usaha MAN Trucks and Bus AG, Jerman, merilis chassis bus anyar untuk pasar India, Senin (29/1/2018) kemarin. Chassis tipe MAN CLA ini merupakan chassis bus bermesin depan dan sudah memenuhi standar emisi gas buang BS IV yang ditetapkan regulator di India. Peluncuran chassis anyar ini dlakukan di pabrik perakitan MAN di Karnataka, Bengaluru.

MAN Trucks India merilis chassis ini dalam dua pilihan. Yakni, model CLA18.250 (4×2) dan model CLA 22.300 (6×2) multi-axle alias bus tronton. Untuk mensukseskan penjualan chassis anyar ini di pasar India yang terkenal ketat kompetisinya, MAN Trucks India telah berpartner dengan tiga perusahaan karoseri ternama di India untuk menawarkan desain bodi dan kabin yang lebih inovatif ke pelanggan.

Dua model bus baru MAN CLA series bermesin depan ini dirakit sepenuhnya di pabrik MAN Trucks India di Pithampur, dekat Indore, Madhya Pradesh. Kedua model chassis bus baru ini dirancang untuk operasional bus antarkota. MAN Trucks India sudah melakukan serangkaian uji dan pengetesan atas keandalan chassis bus ini termasuk kekuatan konstruksi rangka chassis serta komponen driveline-nya dan dipastikan cocok untuk pemakaian jangka panjang di India.

"Chassis bus baru CLA ini diproduksi dengan merk MAN di India yang sudah terkenal dengan efisiensi bahan bakar dan keandalan operasionalnya. Kami telah menambahkan fitur keselamatan dan kenyamana. Kebutuhan utama konsumen di India adalah performa saat dioperasikan serta efisiensi bahan bakar dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan dan kenyamanan di perjalanan bagi penumpang. Karena itu, kami menawarkan chassis ini," kata Chairman and MD MAN Trucks India, Joerg Mommertz dikutip Siasat.com, awal pekan ini.

Dua tipe chassis bus ini masing-masing dibekali dua tipe mesin diesel bertenaga 250 horse power dan 300 horse power MAN D-0836 dengan transmisi enam percepatan. Mesin ini sudah dilengkapi dengan turbo-charged, intercooled, commonrail direct injection system dan teknologi SCR untuk membuat konsumsi bahan bakar solarnya menjadi efisien dan ramah lingkungan. Tenaganya yang melimpah sejalan dengan torsi yang didapat secara linier saat bus berakselerasi, bahkan saat bus dalam kecepatan rendah. Untuk pengereman, MAN Trucks Asia membekali dua chassis ini dengan fitur air actuated drum brakes dan anti-lock braking system (ABS), brake retarder serta engine valve brake khas MAN Trucks.