Melihat Dari Dekat Bus Baru PO ANS, Mewah Bergaya Eropa

Melihat Dari Dekat Bus Baru PO ANS, Mewah Bergaya Eropa
Selain menggunakan sasis baru yang bersuspensi udara, bus baru ini juga bunya sederet fitur modern pada bus lintas Sumatra. Seperti apa detailnya?
 

PO ANS baru saja menghadirkan bus baru yang dirilis dari karoseri Morodadi Prima, Malang. Pada Rabu (2/12) kami berkesempatan melihat langsung detailnya dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Dari sisi eksterior, tampilan bus berbodi New Patriot ini terlihat gagah. Front fascia termasuk lampunya merujuk pada produk bus Setra TopClass 500 asal Jerman. Bedanya Setra punya selendang di sisi, seperti Jetbus 2 keluaran Adi Putro, sementara bus ini polos.


Secara tampilan, ANS memang sudah pernah menghadirkan bodi tipe ini beberapa waktu lalu. Namun ada sedikit penyegaran di versi terbaru ini dengan penggunaan warna biru pada panel grill di bawah kaca depannya. Sebelumnya berkelir putih.

Tetapi ciri khas font ANS dengan warna merah, serta nuansa biru-putih pada livery eksteriornya tetap bertahan. Sebagai syarat dari Kemenhub, bus ini juga langsung diberi nomor pintu, yakni 28.

Spion bus ini berbentuk tanduk dengan sistem pegaturan elektrik layaknya kendaraan pribadi. Sedangkan pelek bus bersasis Mercedes-Benz OH 1626 ini juga dilapis dop krom mengilap.

Masuk ke dalam, nuansa mewah masih terasa dengan hadirnya lantai beraksen kayu. Wood panel juga hadir pada bagian dashboardnya. Selanjutnya, ada dua bangku CD dan CB untuk kru di depan, sebelum kami melewati pintu sekat pembatas ke ruang penumpang.

 

Sekatnya berbahan kaca, sehingga penumpang tetap bisa melihat kondisi di depan. Sedangkan pintunya bertipe engsel berdaun dua.

Masuk ke kabin penumpang, jujur saja kami merasa agak kesulitan berjalan di lorong bus ini. Hal tersebut jadi konsekuensi hadirnya jok lebar dan tebal berkonfigurasi 2-2 dari Rimba Kencana. Ada port USB di tiap pasang bangkunya.

Meski nantinya pihak ANS hanya akan menjual 28 seat di kelas ini, namun secara keseluruhan ada 32 seat yang terpasang. Empat diantaranya hadir di bagian belakang sebagai cadangan, tanpa leg rest.

 


Detail lainnya yang hadir di bus ini adalah bagasi atas bercover, toilet yang dikhususkan untuk buang air kecil. Serta adanya sepasang cool box di bagasi atap bagian belakang. Untuk keamanan, tersedia juga CCTV yang mengawasi kabin penumpang.

Lalu bagaimana soal kenyamanannya? Tunggu artikel kami selanjutnya.