Mercedes-Benz O 6600 H, Sang Pelopor Mesin Belakang

Mercedes-Benz O 6600 H, Sang Pelopor Mesin Belakang
Insinyur Mercedes-Benz fokus pada layout mesin belakang karena faktor ruang dan kenyamanan
 

Bus bermesin belakang jadi sesuatu yang biasa pada saat ini. Ditarik garis ke belakang, kehadiran bus dengan posisi mesin seperti ini dipelopori oleh Mercedes-Benz O 6600 H pada 1951.

Dari penampilan, bus ini nampak cukup unik dengan wajah yang mengingatkan pada sosok VW Kombi yang nampak tidak dihiasi dengan grill ada bagian depannya, hanya dilengkapi dengan empat garis pasang hiasan yang ditempatkan pada bagian tengah wajahnya.

Kabin cukup lega, tidak tersita ruang mesin

Salah satu fokus para insinyur Mercedes dalam menghadirkan bus dengan layout yang tidak umum pada zamannya tak lain karena ingin memberikan ruang yang lebih besar, mereduksi penyebaran panas mesin dan juga menghadirkan kabin yang lebih kedap daripada sebuah mesin bermesin depan. Artinya ini merupakan peningkatan dalam hal kenyamanan pada penumpang.

Mesin diesel berpendingin udara 6 silinder 8.276 cc berdaya 143 hp yang dikolaborasikan dengan transmisi matik ditugaskan dalam menggerakkan bus dengan panjang 11 meter ini. Bus yang dilengkapi dengan tangki solar untuk 190 liter ini mampu menyentuh kecepatan maksimal 80km/jam dan punya konsumsi bahan bakar 21,6 liter/100 km.

Bus yang mampu mengangkut 57 hingga 71 orang ini diproduksi antara 1951 hingga 1961